CANTIK BANGET! INI DIA SETTING AQUARIUM GLOFISH ALA-ALA YANG WAJIB KAMU COBA

Halo Teman SDI!

Di era sekarang seluruh penghobi ikan yang ada di dunia saling berlomba-lomba untuk menata aquariumnya dengan cantik. Ini menjadi bukti bahwa hobi memelihara ikan bisa dijadikan sarana mengekspresikan diri. Tetapi tentu setiap jenis ikan mempunyai style setting aquarium yang berbeda, salah satunya seperti setting aquarium glofish.

Setting aquarium glofish
images: flickr.com

Terutama untuk pemelihara ikan glofish yang baru memulai hobi ini, referensi setting aquarium glofish yang terlalu banyak mungkin membuat kalian kebingungan dalam memilih jenis setting aquarium glofish mana yang paling cocok untuk ikan glofish yang kalian punya.

Tapi tidak perlu khawatir, pada kali ini kita akan bersama-sama mempelajari bagaimana cara melakukan setting aquarium glofish yang bagus dan mudah ditiru oleh para penghobi ikan pemula. Yuk kita bahas!

MENGENAL IKAN GLOFISH

Sebelum mengetahui bagaimana cara setting aquarium glofish, kita harus terlebih dahulu mengetahui asal usul ikan glofish dan mengapa ikan ini begitu populer di kalangan penghobi ikan.

Banyak para pemula memilih memelihara ikan glofish, karena ikan ini memang tidak begitu merepotkan pemula dan sangat mudah untuk merawat ikan ini. Selain itu, ikan glofish banyak diincar, karena memiliki warna tubuh cantik dan sangat menarik untuk dipandang.

Bahkan ikan glofish ini bisa menyala di dalam gelap loh selama kita bisa mengaturnya dengan cahaya yang tepat. Wah, mengetahui hal ini pastinya kamu jadi semakin semangat kan untuk melakukan setting aquarium glofish?

Tetapi, tahukah kamu ternyata ikan glofish merupakan ikan hasil rekayasa genetika melalui uji gen ikan oleh ilmuan Dr Zhiyuan Gong dan rekan-rekannya di National University of Singapore (NUS) pada tahun 1999.

Dengan kata lain, ikan glofish adalah ikan hias dari hasil rekayasa genetika hasil manusia. Biasanya ikan glofish ini diciptakan dari jenis ikan seperti ikan zebra danio, ikan neon tetra, dan sebagainya.

Selain banyak dipilih oleh para penghobi ikan pemula, ikan glofish juga menjadi salah satu ikan hias yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Cari tahu bagaimana cara melakukan budidaya ikan glofish di sini.

6 CARA  MUDAH SETTING AQUARIUM GLOFISH

Berikut pembahasan mengenai bagaimana cara mudah melakukan setting aquarium glofish. Sangat direkomendasikan, karena bisa ditiru para penghobi ikan pemula :

  1. Menyiapkan Ukuran Tank Aquarium yang Ideal

Ini menjadi langkah pertama yang harus kamu siapkan untuk melakukan setting aquarium glofish. Sama seperti ikan hias lain, ikan glofish juga memiliki kriteria ukuran aquarium yang ideal. Meskipun dikenal sebagai ikan dengan sifat ramah dan bersahabat, ikan glofish tetap membutuhkan tempat hidup yang luas agar kesehatan mereka tetap bisa terjaga.

Ukuran aquarium ideal yang biasa digunakan untuk memelihara ikan glofish yaitu berkisar 60cm sampai 80cm, tergantung seberapa banyak kuantitas ikan glofish yang akan kamu tempatkan pada aquarium. Agar setting aquarium glofish berhasil, kamu perlu memperhatikan berapa banyak jumlah glofish yang dapat ditampung pada aquarium itu. Jangan sampai terjadi overstocking ya.

Jika sampai terjadi overstocking (Kelebihan kapasitas ikan di dalam suatu aquarium) maka ikan glofish kamu berpotensi akan mudah mati, karena overstocking juga dapat meningkatkan kadar amonia yang dapat membahayakan ikan. Ingat hal penting ini saat melakukan setting aquarium glofish.

  1. Menaruh Dekorasi pada Aquarium

Untuk memperindah tampilan aquarium yang kamu miliki, menambahkan dekorasi seperti terumbu karang, pasir, tanaman plastik, ataupun aksesoris aquarium lain bisa menjadi pilihan yang tepat saat melakukan setting aquarium glofish.

Selain meningkatkan visualisasi aquarium, dekorasi yang ditambahkan saat melakukan setting aquarium glofish ini juga berfungsi sebagai tempat berlindung ataupun beristirahat bagi ikan. Ini akan menjadi keuntungan lebih untuk aquarium kamu, harga dekorasi aquarium juga masih sangat terjangkau dan kamu bisa mendapatkannya di mana saja termasuk di Surya Duta Internasional.

  1. Menyediakan Perlengkapan Pendukung Aquarium

Tahap ketiga ini menjadi tahap yang paling penting saat melakukan setting aquarium glofish. Karena setiap ikan membutuhkan perlengkapan aquarium yang dapat mendukung kehidupan ikan di dalam aquarium. Peran perlengkapan aquarium ini sama seperti nyawa bagi ikan, tanpa adanya perlengkapan aquarium ikan glofish kamu mungkin tidak akan bertahan lama.

Beberapa perlengkapan aquarium pendukung yang wajib kamu tambahkan pada saat setting aquarium glofish yaitu seperti

Kamu juga bisa menambahkan heater aquarium dan lampu uv aquarium pada suatu kondisi tertentu.Itulah daftar perlengkapan aquarium yang wajib kamu tambahkan saat melakukan setting aquarium glofish.

  1. Mengendapkan Air Aquarium Ikan Glofish

Air aquarium menjadi hal penting lain yang perlu kamu perhatikan saat melakukan setting aquarium glofish. Maka, pastikan kamu sudah mengendapkan air aquarium minimal 1×24 jam sebelum menggunakannya untuk ikan glofish.

Mengapa mengendapkan air penting dilakukan saat setting aquarium glofish? Ini agar zat-zat berbahaya seperti klorin dapat menumpuk pada dasar air. Terutama jika kamu menggunakan air sumur dan air PDAM, jangan pernah sekalipun lupa melakukan tahap ini jika tidak ingin ikan glofishmu mati keracunan kadar klorin yang tinggi.

Jika ingin mengetahui bagaimana cara selengkapnya mengendapkan air aquarium, cari tahu di sini.

  1. Memastikan Seluruh Tahapan Setting Aquarium Glofish Selesai

Sebelum menaruh ikan glofish ke dalam aquarium, pastikan kamu sudah melakukan seluruh tahapan setting aquarium glofish. Jangan sampai ada tahapan yang terlewat, karena jika ada maka bisa saja berakibat datal untuk ikan yang kalian pelihara.

Pastinya kamu tidak ingin kan sudah merasa senang bisa memelihara glofish, lalu tiba-tiba ikan tersebut tidak bertahan lama karena tahapan setting aquarium glofish yang kamu lakukan ada yang tertinggal? Maka sangat penting untuk memastikan semua tahapan selesai.

  1. Melakukan Aklimatisasi Ikan Glofish

Jika sudah memastikan setting aquarium glofish selesai, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah menaruh ikan glofish ke dalam aquarium. Pastikan sebelum melepasnya, lakukan aklimatisasi terlebih dahulu agar si ikan dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara melakukan setting aquarium glofish yang bisa kalian tiru pada aquarium di rumah.  Jika Teman SDI ingin mengetahui tips dan informasi lain tentang dunia air, bisa langsung kunjungi blog kita di Surya Duta Internasional yaa!

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : flickr.com
Leave a comment