ūüźü MENGENAL IKAN GLOFISH YANG BERASAL DARI HASIL GENETIKA MANUSIA

APA ITU IKAN GLOFISH

Ikan glofish masih satu spesies dari ikan zebra yang memiliki cahaya neon yang berwarna-warni dan spesies ikan glofish juga berasal dari keluarga Cyprinidae.

Ikan Glofish
Image: Flickr.com

Ikan glofish ini biasa dikenal dengan ikan zebra yang berasal dari wilayah Himalaya Tenggara dan memiliki banyak warna yang bervariasi yakni memiliki warna solid, seperti merah, biru, hijau, kuning, merah muda, dan ungu yang terang.

Tahukah Teman SDI, Ikan glofish yang satu ini termasuk dalam ikan yang tahan banting dan bisa dengan mudah beradaptasi di dalam aquarium dan lebih suka bergerombol.

Selanjutnya, ikan glofish jenis ini memiliki varian beranekaragam yaitu ikan glofish tetra, barbs dan shark. Jenis ikannya memang sama, tetapi yang membedakan adalah bentuk tubuhnya saja.

Dalam memelihara ikan glofish bisa dibilang tidak terlalu sulit, bahkan bisa dilakukan oleh pemula. Karena perawatannya hampir sama dengan ikan hias air tawar lainnya, tetapi yang membedakan ikan glofish terlihat lebih cantik, apalagi lebih cantik dengan menambahkan lampu hias khusus untuk membuat warnanya berubah-ubah dan bahkan menyala dikegelapan.

ASAL USUL IKAN GLOFISH?

Setiap ikan pasti memiliki asal usul serta ciri-cirinya yang melekat pada tubuhnya dan mudah dikenal oleh semua kalangan, seperti pada ikan glofish yang satu ini. Ikan glofish merupakan produk hasil rekayasa genetika yang ditemukan pada tahun 1999 oleh Dr Zhiyuan Gong dan rekan-rekannya di National University of Singapore (NUS).

Secara alami, ikan ini berasal dari India dan Bangladesh. Tetapi ikan glofish yang diperjualbelikan di pasaran umumnya merupakan hasil reproduksi dan pemuliaan dari ikan-ikan tersebut yang telah dimodifikasi genetiknya.

Ikan glofish bisa dibilang terlahir dari hasil percobaan manusia yang semulanya mengkodekan atau menguji protein bernama Green Flourescent Protein (GFP) atau protein hijau berpendar yang awalnya diekstraksi dari ubur-ubur.

Glofish Cepat Mati
Images: flickr.com

Ikan glofish merupakan salah satu hasil dari rekayasa genetik buatan manusia ini ternyata mampu membuat tampilan aquarium menjadi lebih berwarna dan menyala dalam kegelapan. Usaha para peneliti tersebut berhasil dan menciptakan ikan zebra yang bisa menyala pertama di dunia.

Setelah melakukan riset, kemudian pada tahun 2001 para ilmuwan pun bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang ikan hias untuk memperkenalkan ikan hasil genetika ke seluruh masyarakat.

SEKILAS INFO

Para ilmuan dari National University of Singapore (NUS) memasukkan gen tersebut ke dalam embrio ikan sehingga memungkinkan untuk diintegrasi ke dalam genom ikan tersebut.

Setelah diuji, ternyata ikan yang disisipi gen ubur-ubur tadi menjadi berpendar terang di bawah cahaya putih alami dan sinar ultraviolet. Lalu terciptalah ikan yang dikenal dengan nama ikan Glofish atau ikan bercahaya.

 

Saat ini, ikan glofish sudah mulai populer dikalangan pecinta ikan hias, apalagi kebanyakan orang menambahkan ikan glofish ke dalam aquascape-nya untuk menambah keindahan dan warna yang membuat aquarium menjadi lebih cantik.

Tetapi, ikan glofish juga menjadi kontroversi karena dianggap sebagai ikan hasil rekayasa genetik, dan ada beberapa negara bahkan melarang penjualan dan kepemilikan ikan glofish. Meskipun seperti itu, ikan glofish tetap menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling populer di dunia.

KLASIFIKASI IKAN GLOFISH

Berikut ini klasifikasi ikan glofish, antara lain :

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Ordo : Characiformes
Family : Characidae
Genus : Gymnocorymbus
Species : Gymnocorymbus ternetzi

JENIS-JENIS IKAN GLOFISH

Berikut ini jenis-jenis ikan glofish, agar Teman SDI tidak tertukar dan salah pilih pada saat membeli ikan glofish, antara lain :

1. Ikan Glofish Tetra

Ikan Glofish
Image: Commons.wikimedia.org

Salah satu jenis dari ikan glofish, ikan glofish tetra ini lumayan sangat populer dikalangan pecinta ikan hias, ikan glofish tetra mulai di pasarkan sejak tahun 2012 dan hingga saat ini masih banyak para pecinta ikan hias menyukai dan banyak di cari oleh mereka. Keberadaannya cukup menarik perhatian para pecinta aquascape, karena dilihat dari bentuk serta warnanya yang unik.

Jika dilihat sekilas, ikan glofish tetra berbentuk seperti ikan air tawar kecil dan mungil, bentuk badannya lebar dan pipih, mempunyai sirip pada bagian punggungnya, ekor serta perutnya yang transparan dibalut dengan duri berwarna putih.

Memiliki sisik yang berwarna-warni, seperti merah, ungu, kuning, hijau dan biru dengan dilengkapi sinar yang terang. Bukan hanya itu saja, bagian tengah tubuhnya pun terdapat garis keperakan yang akan memantulkan cahaya.

2. Ikan Glofish Barb

Ikan Glofish
Image: Flickr.com

Sama seperti ikan glofish yang lainnya, ikan glofish barb ini lebih mirip seperti ikan glofish tetra, seperti duri pada bagian ekor, sirip punggungnya dan sirip perutnya tetapi ikan glofish barb lebih pigmented. Ikan glofish barb memiliki warna yang tidak sepucat ikan glofish tetra.

Pada bagian tengah badan ikan glofish barb juga terdapat garis berwarna keperakan dan ternyata bisa memantulkan cahaya. Selain itu, ikan glofish barb memiliki dua warna dengan corak zebra, bedanya hanya pada ekor yang lebih panjang dibandingkan ikan glofish tetra.

3. Ikan Glofish Shark

Ikan Glofish
Image: Flickr.com

Jenis ikan glofish terakhir adalah ikan glofish shark. Jenis yang satu ini bisa terbilang sudah mulai langka dan jarang ditemukan, karena ikan glofish shark ini salah satu jenis ikan glofish hasil dari genetika dari ikan yang hidup di alam liar yaitu dari jenis ikan hiu ekor merah air tawar.

Tidak seperti ikan glofish lainnya yang dikembangkan dri ikan zebra, ikan glofish shark memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan sirip transparan kemerahan dan pada bagian tubuhnya pun terdpat sisik yang berwarna-warni, seperti kuning, biru, ungu, hijau dan merah.

HARGA IKAN GLOFISH

Banyaknya ragam warna ikan glofish ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri, karena bukan hanya tampilannya yang sangat bagus tetapi juga bisa menjadi hewan air yang membuat ruangan rumah Teman SDI lebih berwarna.

Harga dari ikan glofish ini terbilang cukup murah dengan tampilan yang sangat cantik dan harga ikan glofish pun sangat beragam. Teman SDI dapat menemukan ikan glofish di toko-toko aquarium terdekat paling murah itu berkisar Rp2000, Rp10.000, Rp15.000, hingga yang paling mahal Rp40.000, tetapi harga tersebut bisa berubah-ubah tergantung dengan jenis dan lokasi toko daerah masing-masing.

Demikianlah artikel tentang asal usul ikan glofish lengkap dengan harganya.  Jika Teman SDI ingin mengetahui tips dan informasi lain tentang dunia air, bisa langsung kunjungi blog kita di Surya Duta Internasional yaa!

Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya…!!

SDI? ‚ÄúLife Is Better Underwater‚ÄĚ

- Website SDI : suryadutainternasional.com 
- Youtube : Surya Duta internasional 
- Shopee : sdi.official 
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official
- Cover Image : Flickr.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment