🐟 APAKAH IKAN TIDUR? LALU GIMANA CARANYA? DAPATKAN PENJELASAN LENGKAPNYA DISINI

Halo Teman SDI

Teman di rumah pastinya tahu, jika hewan juga membutuhkan waktu tidur. Kelopak mata yang menutup menjadi tanda bahwa mereka sedang menyelami dunia mimpi. Tetapi pernahkah kamu bertanya bagaimana dengan nasib ikan yang tidak mempunyai kelopak mata? Apakah ikan tidur? Jika iya bagaimana caranya ikan tidur? Dan kapan waktu ikan tidur?

Nah, agar tidak penasaran maka di artikel kali ini kita akan sama-sama membahas beberapa fakta mengenai apakah ikan tidur atau tidak. Yuk simak pembahasannya di bawahin.

APAKAH IKAN TIDUR?

ikan tidur
images: pexels.com

Layaknya hewan lain, ikan juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Meskipun tidak pernah menutup matanya, faktanya makhluk yang hidup di dalam air ini juga tetap membutuhkan tidur.

Tidak seperti hewan darat, ikan merupakan hewan air yang tidak mempunyai kelopak mata. Ini dikarenakan mereka tidak membutuhkan pelindung untuk menghalau debu memasuki mata mereka. Inilah alasan mengapa ikan tidur, meskipun dengan matanya yang tetap terbuka. Lalu bagaimana cara mengetahui ikan tidur atau tidak?

Hewan lain mungkin akan memejamkan mata kemudian akan tidur dengan tenang tanpa melakukan pergerakan sedikitpun. Ini tidak berlaku bagi ikan. Ikan tidur dengan caranya sendiri.

HAL YANG MEMPENGARUHI IKAN TIDUR

Sebelum mengetahui bagaimana caranya ikan tidur, tentu Teman SDI harus terlebih dahulu mengetahui hal apa saja yang dapat mempengaruhi sehingga ikan tidur di dalam kolam maupun aquarium. Berikut pembahasan mengenai apa saja yang dapat membuat ikan tidur lelap :

  1. Cahaya Mempengaruhi Kapan Ikan Tidur

Sama seperti manusia, ikan memiliki suatu hormon yang bernama melatonin. Hormon ini dihasilkan dari kelenjar pineal. Hormon melatonin ini menentukan siklus tidur suatu makhlukhidup. Dan juga memberikan pengaruh kapanwaktu yang tepat agar ikan tidur.

Ketika cahaya lampu terang menyinari aquarium, kadar melatonin akan menurun sehingga ikan tetap terjaga. Sementara ketika pemelihara mematikan lampu aquariumnya, kadar melatonin pada ikan akan meningkat dan itu akan membuat ikan tidur dalam sekejap.

Ini menjadi bukti cahaya mampu menjadi tolak ukur agar suatu ikan tidur. Maka dari itu, sebaiknya penggunaan lampu aquarium digunakan maksimal 8 jam dalam sehari, kemudian matikan lampu aquarium ketika malam dan biarkan ikan tidur agar mendapatkanwaktuistirahat yang baik.

  1. Suhu Air yang Stabil Membantu Ikan TidurNyaman

Sudah bukan suatu rahasia lagi jika ikan merupakan hewan berdarah dingin atau disebut poikiloterm yaitu di mana ketika suatu makhluk hidup tidak bisa menghangatkan dirinya sendiri, sehingga suhu air yang stabil sangat dibutuh kan untuk membuat ikan tidur dengan nyaman.

Teman SDI bisa menambahkan smart heater AA QGH dari RECENT yang dapat membantu menyesuaikan suhu air sesuai kebutuhan ikan. Dengan suhu yang stabil, tentunya ikan yang kalian punya akan merasa lebih nyaman, dan ini dilakukan agar ikan tidur tanpa merasak hawatir dengan adanya perubahan cuaca yang mendadak.

BAGAIMANA CARA IKAN TIDUR?

Setelah mengetahui apasaja yang dapat membuat ikan tidur, berikut pembahasan mengenai cara ikan tidur :

  1. Ikan Mencari Tempat Persembunyian Sebelum Tidur

Seperti hewan lain yang mencari tempat ternyaman saat ingin tidur, hal ini juga berlaku untuk ikan. Sebelum tidur, biasa ikan akan terlebih dahulu menempatkan dirinya di kondisi ternyaman. Biasanya ikan tidur di dasar aquarium atau bersembunyi di terumbungkarang yang ada pada aquarium.

Selain itu, ikan-ikan kecil seperti ikan molly dan ikan glofish juga senang tidur di sekitar tumbuhan aquarium yang ada. Sementara ada ikan tidur tanpa memperhatikan lingkungan sekitar jika sudah sangat ngantuk sekali, misalnya seperti ikan betta atau ikan cupang yang bisa tidur di mana saja. Berdasarkanini, maka sangat penting untuk menyediakan aksesoris aquarium, agar ikan tidur dengan tenang dan nyaman hingga pagi kembali menjelang.

  1. Ikan Tetap Berenang Meskipun Tidur

Tidak hanya tidur dengan mata yang terbuka, tetapi ikan juga tetap berenang meskipun sudah tertidur lelap. Hanya saja gerak an siripnya ini cenderung lebih mendayu dan lambat dan cenderung berdiam di satu tempat yang ada. Jika Teman SDI memperhatikan ikan yang kalian punya sedang berdiam diri dengan gerakan sirip dan ekor yang lambat, mungkin saja ikan tidur terlelap tanpa pernah disadari.

Kemudian ini juga bisa terjadi jika sedang memberi pakan ikan, tetap isi ikan tidak berniat berenang untuk mengambil pakan. Ini juga bisa menjadi pertanda ikan tidur pada aquarium rumahmu. Pastikan kamu mengetahui hal ini agar tidak mengganggu ikan tidur.

  1. Ada Ikan Membuat Kantung Lendir Sebagai Tempat Tidur

Ikan kakatua (Parrotfish) merupakan contoh ikan yang membuat tempa ttidurnya sendiri. Biasanya ikan ini akan mencari tempat nyaman di dasar laut, kemudian setelah menemukan tempat ideal untuk tidur, ikan kaka tua akan membuat kantung lendir sebagai tempat tidur. Selain membawa rasa nyaman, kantung lendir ini juga berperan dalam melindungi ikan kakatua dari bahaya predator maupun bakteri jahat saat ikan tidur.

  1. Sebagian Ikan Harus Tetap Bergerak Saat Tidur

Beberapa ikan seperti ikan hiu dan ikan tuna ternyata harus tetap berenang meskipun sedang tidur. Ini harus dilakukan karena mereka tidak mempunyai kantung renang, sehingga dengan berenang mereka menjaga diri agar tetap bernapas.

Selain itu, ini juga bisa melindungi mereka agar tidak terancam dengan ikan lain yang punya tingkat rantai makanan lebih tinggi dari mereka.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai fakta apakah ikan tidur atau tidak. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu mengenai dunia aquarium. Dan pastikan selalu menyediakan produk perlengkapan pendukung yang dibutuhkan ikan hias kesayangan agar dapat hidup lebih lama. Kamu bisa mencari tahu perlengkapan aquarium yang wajib kamu miliki agar pendukung hidup kebutuhan ikan hias selalu terpenuhi.

Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akunTikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : pexels.com

 

Leave a comment