PEMULA WAJIB PUNYA! INI DIA PERLENGKAPAN AQUARIUM DISCUS BERKUALITAS

Halo Teman SDI!

Dengan bentuknya yang unik dilengkapi berbagai motif, corak, dan warna yang bervariasi, ikan discus berhasil menarik perhatian banyak penghobi ikan. Ikan discus menjadi salah satu ikan hias air tawar yang laris manis di pasaran. Banyak para penghobi yang tertarik untuk memelihara ikan discus.

perlengkapan aquarium discus
images: flickr.com

Sebelum memelihara ikan discus, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya yaitu perlengkapan aquarium discus, sebagai pendukung agar kualitas air aquarium discus bisa terjaga, sehingga ikan discus bertahan hidup lebih lama.

Perlu diingat, jangan tergiur perlengkapan aquarium discus dengan harga murah. Pastikan kamu membelinya dari brand yang terpercaya. Pilihlah perlengkapan aquarium discus yang harganya masih terjangkau, tetapi kualitasnya tetap terjaga.

Kali ini kita akan merekomendasikan perlengkapan aquarium discus yang bisa kamu gunakan di rumah untuk memenuhi kebutuhan ikan discus di rumah. Simak pembahasannya di bawah ini, yuk.

PERLENGKAPAN AQUARIUM DISCUS

Selain memelihara ikan discus dengan baik, tentu saja perlengkapannya pun jangan sembarangan karena dapat membahayakan kesehatan si ikan.

Berikut ini perlengkapan aquarium discus yang wajib ada ketika ingin memelihara ikan discus, antara lain :

  1. Memilih Aquarium

perlengkapan aquarium discus

Perlengkapan aquarium discus yang pertama adalah memilih aquarium yang tepat. Pemilihan aquarium yang tepat sangat menentukan kesehatan ikan dicsus yang akan kita rawat, karena memelihara ikan discus di aquarium yang terlalu kecil bisa saja berdampak buruk pada kesehatan.

Meskipun ikan discus memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar, tetapi ikan discus juga membutuhkan tempat yang luas agar mereka dapat berenang dengan bebas dan nyaman.

Fatalnya lagi, jika salah memilih ukuran aquarium, ikan discus yang dipelihara berpotensi mengalami stres, karena merasa tidak nyaman dan kesempitan. Aquarium yang tidak tepat juga dapat menghambat pertumbuhan ikan discus menjadi lebih lambat.

Jadi, usahakan membeli ukuran aquarium dengan memperhatikan ukuran ikan discus dan jumlah ikan discus yang ingin dipelihara. Misalnya, aquarium discus dengan ukuran 120 x 35 x 50 cm dapat menampung kurang kebih 10 ekor discus yang berukuran 3,5 inchi.

Berdasarkan hal tersebut, ukuran aquarium ikan discus dapat berubah-ubah dan dapat menyesuaikan berapa jumlah ikan discus yang akan dipelihara di dalam aquarium tersebut.

  1. Pompa Aquarium

perlengkapan aquarium discus

Perlengkapan aquarium discus berikutnya yang wajib dimiliki yaitu pompa aquarium. Pompa aquarium yang sering digunakan oleh penghobi ikan discus biasanya pompa aquarium celup. Pompa aquarium tipe power head juga sering digunakan sebagai perlengkapan aquarium discus.

Perlengkapan aquarium discus yang satu ini terletak di dalam aquarium, fungsinya untuk menarik air aquarium, segala kotoran, partikel, dan sisa-sisa pakan ikan yang bisa mengurangi kualitas air aquarium. Menambahkan pompa aquarium bisa menjadi langkah agar air aquarium tidak cepat keruh.

Sirkulasi dan pergerakan air yang dihasilkan pompa aquarium akan mencegah penumpukan kotoran yang mengendap di dasar aquarium, membantu menghilangkan area aliran stagnan serta menambahkan aliran kadar oksigen ke setiap sudut aquarium. Penting untuk menambahkan perlengkapan aquarium discus ini sebelum memelihara ikan discus.

  1. Filter Aquarium

Filter Gantung Aquarium

Ikan hias jenis apapun tentu membutuhkan filter aquarium. Ikan discus juga membutuhkan filter aquarium sebagai salah satu perlengkapan aquarium discus.

Menambahkan filter aquarium bagi ikan discus sangat penting, karena fungsi dari filter ini dapat menyaring kotoran dengan baik dan untuk menjaga kualitas air tetap sehat.

Maka dari itu perlu memilih filter aquarium yang tepat dan jangan sampai salah membelinya, kelangsungan hidup ikan discus akan terjamin dengan menggunakan filter aquarium yang tepat dan berkualitas tinggi.

  1. Aerator Aquarium

Budidaya Ikan Glofish

Salah satu perlengkapan aquarium discus yang tidak kalah penting yaitu aerator. Aerator bekerja untuk menjaga kebutuhan oksigen discus tetap tercukupi.

Dengan menggunakan perlengkapan aquarium discus seperti aerator, ikan discus kesayanganmu tidak akan kekurangan oksigen dan bahkan meningkatkan kadar oksigen di dalam aquarium.

Oksigen yang dihasilkan dari aerator tersebut akan berbentuk gelembung-gelembung yang mengandung banyak kadar oksigen untuk ikan discus Teman SDI.

Jika tidak ingin ikan discus mati, karena kekurangan oksigen. Maka sangat penting menyediakan perlengkapan aquarium discus seperti aerator agar ikan tetap aman.

  1. Lampu Aquarium

Menambahkan lampu aquarium juga menjadi hal yang cukup penting untuk memenuhi perlengkapan aquarium discus. Lampu aquarium bertugas sebagai pengganti cahaya matahari, dan menjaga keindahan aquarium ikan discus di rumahmu.

Jenis lampu aquarium yang akan digunakan untuk ikan discus ini tentunya bervariasi dan sesuaikan dengan selera masing-masing.

Karena, dengan memberikan lampu di dalam aquarium ikan discus, dapat menjadi pengganti sinar matahari, membuat warna tubuh ikan discus menjadi lebih cerah dan cantik, serta membuat sisik pada ikan discus lebih sehat.

  1. Heater Aquarium

heater aquarium pecah

Perlengkapan aquarium discus selanjutnya adalah menyiapkan Heater Aquarium. Heater aquarium sangat penting untuk memastikan suhu air aquarium tetap stabil. Lalu heater seperti apa yang sebaiknya dipilih? Banyaknya jenis heater aquarium membuat Teman SDI bingung dalam memilihnya.

Sebaiknya Teman SDI mencari tahu terlebih dahulu dan mengenal perlengkapan aquarium discus yang satu ini serta kegunaannya seperti apa, agar tidak salah dan kebingungan ketika memelihara ikan discus. Karena jika tidak tepat, justru dapat membahayakan ikan discus.

Ada  yang wajib kalian pertimbangkan ketika ingin memelihara ikan discus, yaitu heater aquarium kaca dan heater aquarium stainless steel. Pilih sesuai selera Teman SDI dan cocok digunakan pada saat suhu aquarium ikan discus mendadak turun.

Perlengkapan aquarium discus yang satu ini dapat membantu menyesuaikan air kembali normal, karena suhu air aquarium bisa saja berubah drastis, dan membahayakan kesehatan ikan discus di dalam aquarium.

  1. Aerator AC/DC Aquarium

Jenis Aerator Aquarium

Dalam memelihara ikan discus pastinya ada saja kendala, apalagi saat pemadaman listrik secara tiba-tiba di lingkungan rumah Teman SDI. Maka, perlengkapan aquarium discus yang satu ini juga tidak kalah penting dan wajib dimiliki oleh penghobi.

Aerator atau air pump AC/DC dapat digunakan pada saat darurat seperti itu dan untuk menambahkan oksigen bagi si ikan discus. Cara kerjanya sama seperti aerator biasa, tetapi air pump AC/DC ini bisa digunakan saat mati listrik.

Aerator atau air pump AC/DC yang menggunakan baterai ataupun USB ini akan lebih mudah menormalkan kembali oksigen ikan discus kalian, agar tidak mati ketika terjadi pemadaman listrik. Jadi, pastikan kalian menambahkan perlengkapan aquarium discus agar si ikan tetap aman ya.

Nah itulah beberapa perlengkapan aquarium discus yang wajib kamu miliki. Kalian juga dapat mengunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : flickr.com
Leave a comment