IKAN CHANNA STRES: KETAHUI PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA DI SINI

Halo Teman SDI!

Sama seperti makhluk hidup lain, ikan channa bisa mengalami stres. Kondisi di mana ikan channa stres ini biasanya dipicu oleh lingkungan yang tidak sesuai ataupun kesehatan ikan channa tersebut sedang tidak baik-baik saja. Ikan channa yang sedang sakit cenderung lebih rentan terkena stres daripada ikan channa yang sedang berada di dalam kondisi primanya.

ikan channa stres
Images: commons.wikimedia.org

Ketika ikan channa stres biasanya lebih banyak berdiam diri di pojokan aquarium, karena malas beraktivitas. Ketika berusaha memberikan pakan, sebagian besar ikan channa yang sedang stres juga cenderung kehilangan nafsu makan mereka. Dan hal yang paling menonjol yang menunjukkan ketika ikan channa stres yaitu berupa adanya perubahan pada warna channa yang menjadi lebih gelap / gosong.

Meksipun dikenal sebagai salah satu ikan hias yang mudah dirawat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, kondisi stres tetap akan terjadi jika kamu tidak memperhatikan kondisi aquarium yang ditempati ikan ini. Lalu sebenarnya apa penyebab dan bagaimana caranya mengatasi ikan channa stres?

Pada kali ini kita akan membahas penyebab dan cara mengatasi ikan channa stres dengan melakukan penanganan yang tepat dan secepat mungkin, karena kematian dapat menghantui ketika ikan channa sedang stres jika kita tidak segera mengatasinya. Simak pembahasannya di bawah ini.

BEBERAPA PENYEBAB IKAN CHANNA STRES MENDADAK

Ada baiknya kita mengetahui apa yang menjadi penyebab ikan channa stres sebelum mengetahui cara mengatasinya. Ini dilakukan agar ke depannya kita dapat mencegah kasus  ikan channa stres terjadi kembali. Berikut beberapa alasan paling umum yang menjadi penyebab ikan channa stres :

  1. Terjadi Perubahan Parameter Air Aquarium

Penyebab paling utama yang bisa membuat ikan channa stres yaitu adanya perubahan parameter air aquarium. Seperti ikan lain, ikan channa membutuhkan tingkat pH air yang sesuai, kualitas air yang baik tanpa adanya kadar klorin dan kadar nitrat. Lalu bagaimana cara menjaga parameter air agar kasus ikan channa stres dapat dicegah? Salah satunya dengan menguras air.

Tetapi terkadang para pemula melakukan kesalahan wajar seperti mengganti volume air lama secara keseluruhan dengan air baru yang belum tentu baik kualitasnya. Hal inilah yang mengubah parameter air dan mengakibatkan ikan channa stres secara tiba-tiba. Air aquarium yang diganti secara keseluruhan dapat membuat ikan channa kaget, karena bagi mereka kondisi air tersebut tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika ingin menguras air aquarium tanpa membuat ikan channa stres? Pastikan menguras air aquarium secara bertahap sebanyak 20%40% saja, sehingga air aquarium kamu bisa tetap terjaga kualitasnya tanpa menyebabkan ikan channa stres.

  1. Ikan Channa Dalam Tahap Adaptasi

Pernahkah kalian membeli ikan channa lalu menaruhnya pada aquarium tanpa melakukan aklimatisasi terlebih dahulu? Jika iya maka tidak mengejutkan ikan channa stres. Seperti kita, ikan channa juga makhluk hidup yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Dengan proses aklimatisasi ini dapat membantu ikan channa kamu merasa lebih mudah untuk beradaptasi, sehingga kasus ikan channa stres dapat dihindari. Jangan sampai kamu menempatkan ikan channa yang baru dibeli tanpa melakukan aklimatisasi, maka ikan channa stres tidak dapat dihindari dan bisa saja ikan channa tersebut mengalami kematian mendadak karena tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya.

  1. Kapasitas Aquarium Tidak Cukup Memadai

Salah satu penyakit yang sering menimpa pemelihara ikan yaitu memenuhi aquarium dengan ikan tanpa memperhatikan kapasitas ikan yang dapat ditampung aquarium. Hal ini dapat menyebabkan overstocking atau terjadi penuhnya populasi ikan di dalam aquarium. Overstocking pada aquarium juga dapat menyebabkan ikan channa stres.

Apalagi ikan channa dikenal sebagai ikan yang agresif dan teritorial, sehingga mereka membutuhkan tempat yang luas untuk ditinggali. Tetapi, jika aquarium terlalu penuh ini dapat membuat ikan channa stres karena merasa tidak mempunyai tempat yang cukup pada aquarium tersebut.

Maka sangat penting untuk memperhitungkan jumlah ikan yang ingin ditempatkan dengan kapasitas aquarium tersebut agar ikan channa stres dapat dicegah.

4 CARA AMPUH MENGATASI IKAN CHANNA STRES

  1. Memperbaiki Kualitas Air Aquarium

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi ikan channa stres yaitu dengan memperbaiki kualitas air aquarium. Memastikan kondisi air aquarium sudah sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan ikan dapat mengatasi ikan channa stres. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas air aquarium misalnya seperti mengecek ulang sistem filtrasi aquarium dan memastikan filtrasi berjalan dengan baik.

Selain itu, pastikan siklus nitrogen sudah berjalan dengan baik sehingga kadar amonia tetap dalam batasan aman tanpa menyebabkan ikan channa stres. Mengendapkan air aquarium minimal 1×24 jam sebelum digunakan juga sangat penting dilakukan agar ikan channa tidak stres, karena tingginya kadar klorin. Itulah beberapa cara memperbaiki kualitas air aquarium yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi ikan channa stres.

  1. Menjaga pH Air Tetap Stabil

pH air aquarium merupakan sebuah ukuran untuk mengetahui seberapa asam atau basa suatu larutan. Dalam hal ini, pH air aquarium menentukan tingkat keasaman atau kebasaan air tempat ikanmu hidup. pH yang tidak seimbang bisa menjadi masalah serius bagi ikan channa,  tidak hanya menyebabkan stres saja bahkan bisa berakibat fatal hingga berujung kematian pada ikan.

Mengapa demikian? Sederhananya pH air aquarium seperti cuaca di kehidupan manusia. Bayangkan, jika ada suatu ikan yang terbiasa di cuaca dingin lalu terpaksa harus tinggal di cuaca panas dan terik, maka penyebab ikan channa stres tidak dapat kamu hindari lagi.

  1. Memastikan Ukuran Aquarium Ideal

Ukuran aquarium yang ideal sangat penting untuk setiap jenis ikan, salah satunya ikan channa. Sangat penting untuk memastikan kapasitas aquarium sudah sesuai kebutuhan yang diperlukan channa. Hal ini berhubungan dengan sifat channa yang teritorial dan agresif. Jika aquarium terlalu sempit, ikan channa bisa merasa stres dan tidak betah tinggal di aquarium itu.

Ukuran aquarium ideal untuk ikan channa yaitu minimal 90x30cm dengan kedalaman air tidak kurang dari 30cm. Semakin luas ukuran suatu aquarium, kasus ikan channa stres dapat dicegah dan channa dapat hidup lebih nyaman dan berenang lebih aktif.

  1. Memberikan Pengobatan yang Tepat

Teman SDI dapat memberikan pengobatan alami maupun menggunakan obat seperti methylene blue. Kamu dapat merendam ikan channa dalam larutan garam sesuai takaran sebagai pengobatan alami. Jika ingin menggunakan methylene blue, pastikan untuk melakukan karantina ikan channa di aquarium terpisah barulah mengobatinya, sehingga ikan channa stres bisa diatasi dengan baik.

Dalam fase pengobatan ikan channa stres, pastikan untuk memberikan perhatian ekstra dengan mengamatinya selama beberapa hari hingga ikan channa terlihat lebih baik dan sudah kembali aktif seperti sediakala.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan dalam mengetahui tentang penyebab dan bagaimana cara mengatasi ikan channa stres, sehingga ke depannya kita dapat lebih bijaksana dalam menjaga ikan channa kesayangan kita di rumah.

Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : commons.wikimedia.org
Leave a comment