🐟 LAKUKAN CARA INI AGAR IKAN ARWANA CEPAT BESAR DAN SEHAT

Halo Teman SDI!

Ikan arwana telah menjadi salah satu primadona ikan hias bagi para penghobi ikan predator. Jenisnya yang bervariasi dengan warna cantik, ikan arwana berhasil memikat hati para penghobi. Sama seperti ikan hias lain, ikan arwana juga membutuhkan perawatan agar dapat tumbuh besar dan sehat. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara agar ikan arwana cepat besar?

ikan arwana cepat besar
images: flickr.com

Mungkin Teman SDI sudah memelihara ikan arwana dan berusaha melakukan perawatan agar ikan arwana cepat besar, namun ternyata tumbuh kembang arwana sangat lambat dan ikan arwana tampak pasif atau selalu mojok di aquarium?

Tenang saja. Pada kali ini kita akan memberikan beberapa tips agar ikan arwana cepat besar dan aktif berenang. Simak pembahasannya di bawah ini, yuk!

TERNYATA INI RAHASIA IKAN ARWANA CEPAT BESAR!

Memelihara ikan hias tentunya tidak bisa dilakukan secara asal, begitu juga ketika memelihara ikan arwana. Pastinya ada syarat dan kondisi tertentu yang harus dipenuhi agar ikan arwana cepat besar. Berikut beberapa hal yang dapat membantu tumbuh kembang ikan arwana semakin cepat :

  1. Ukuran Aquarium Harus Besar

Hal pertama yang harus disiapkan agar ikan arwana cepat besar yaitu dengan menyediakan aquarium berukuran besar. Ikan arwana merupakan jenis ikan predator yang mempunyai jangkauan renang yang luas, ini berarti mereka senang sekali menggerakan tubuhnya ke sana ke mari dengan sangat aktif.

aquarium sea star bld

Dengan menyediakan aquarium berukuran besar, ini akan membantu ikan arwana lebih banyak bergerak yang di mana akan memengaruhi tumbuh kembang arwana. Semakin luas ukuran, maka semakin baik untuk ikan arwana.

Sebaliknya, jika ukuran aquarium terlalu sempit atau Teman SDI menempatkan ikan arwana di aquarium yang sangat pas, ini dapat menghambat ikan arwana cepat besar. Mereka akan menjadi sangat pemalas dan mojok di aquarium saja, karena keterbatasan tempat untuk berenang.

Fatalnya lagi, aquarium yang sempit ini dapat berpotensi membuat ikan arwana menjadi stress, hingga mengalami kematian yang mendadak loh. Jika ingin ikan arwana cepat besar dan selalu sehat, maka pastikan ukuran aquariumnya besar untuk ditempati ikan arwana ya.

  1. Menjaga Kualitas Air Aquarium

Hal berikutnya yang harus dilakukan agar ikan arwana cepat besar, tentunya dengan menjaga kualitas air aquarium. Dengan menyediakan pompa aquarium berkualitas yang sesuai bisa menjadi salah satu cara dalam membuat kualitas air aquarium terjaga.

RECENT AA ECO

Pastikan pompa aquarium mempunyai daya sedot yang maksimal dan sesuai kapasitas aquarium. Jika Teman SDI memilih pompa aquarium secara asal-asalan atau tidak sesuai dengan volume air atau kapasitas aquarium, maka partikel atau kotoran pada dasar aquarium tidak tersedot maksimal, sehingga air aquarium akan tetap kotor dan tidak berkualitas.

Air aquarium yang kotor dan tidak berkualitas akan menghambat tumbuh kembang ikan arwana bahkan berpotensi membahayakan ikan arwana. Jika ingin ikan arwana cepat besar dan selalu berada di kondisi yang aman, maka gunakanlah pompa aquarium yang sesuai agar kualitas air aquarium selalu terjaga dari zat-zat yang dapat membahayakan ikan.

Ingatlah satu hal ini ketika ingin memelihara ikan hias jenis apapun, rawatlah air aquarium terlebih dahulu setelah itu barulah air aquarium yang akan merawat ikan hias milik kita.

Cek di sini artikel cara menentukan besaran pompa aquarium agar Teman SDI mengetahui pompa aquarium seperti apa yang sesuai dengan kapasitas aquarium yang kalian miliki.

  1. Memberikan Pakan Bernutrisi

Dukungan pakan yang mengandung gizi tinggi tentu tidak lepas menjadi salah satu faktor yang paling memengaruhi ikan arwana cepat besar. Maka sangat penting untuk memberikan pakan bernutrisi seperti pakan alami yang bervariasi.

Beberapa pakan yang bisa Teman SDI berikan agar ikan arwana cepat besar yaitu seperti jangkrik, ulat hongkong, udang, ulat jerman, kodok yang terkenal baik untuk tumbuh kembang dan peningkatan warna ikan arwana. Cek selengkapnya mengenai pakan terbaik ikan arwana di sini.

Kemudian, hindari bereksperimen seperti memberikan pakan yang tidak wajar kepada ikan arwana. Contohnya, memberi cicak mati yang terjatuh di dalam kopi sebagai pakan arwana. Bukannya ikan arwana cepat besar, pemberian pakan yang tidak wajar ini dapat berakibat fatal hingga berujung kematian pada ikan arwana kalian.

  1. Mengganti Air Aquarium Secara Berkala

Langkah terakhir yang dapat dilakukan agar ikan arwana cepat besar yaitu dengan mengganti air aquarium secara berkala. Air aquarium yang lama harus diganti dengan air baru yang sudah diendapkan minimal 1×24 jam agar kotoran yang ada dapat diminimalisir.

Pastikan jangan mengganti air lama dengan yang baru secara keseluruhan. Kamu bisa mengganti air aquarium lama dengan air yang baru sebanyak kurang lebih 50% dari total volume air. Pergantian air ini biasanya dilakukan dalam rentang waktu 1 minggu sekali, karena biasanya di kurun waktu tersebut air aquarium sudah mulai kotor dan mungkin saja pH aquarium sudah mulai berubah.

Dengan melakukan water change (pergantian air) ini dapat membuat kualitas air tetap terjaga agar ikan arwana cepat besar.

Nah, itulah beberapa tips agar ikan arwana cepat besar. Dan jangan lupa untuk selalu menyediakan perlengkapan aquarium standar yang dibutuhkan oleh ikan arwana kesayangan kamu agar mereka bisa hidup lebih lama.

Kalian juga dapat mengunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : flickr.com
Leave a comment