🐟 BELI IKAN ARWANA JANGAN ASAL-ASALAN! INI DIA TIPS N TRICKNYA!

Halo Teman SDI!

Ikan arwana dikenal sebagai ikan hias yang memiliki nilai jual tinggi daripada ikan hias air tawar pada umumnya. Hal ini didukung oleh peminat arwana yang sangat besar, terutama ikan arwana super red. Untuk para penghobi ikan predator yang baru saja ingin memelihara ikan arwana, sangat penting untuk mengetahui cara memilih arwana yang bagus agar tidak salah beli ikan arwana.

Beli Ikan Arwana
Images: flickr.com

Meskipun peminat arwana terbilang banyak, dan masih akan terus meningkat. Tetapi memelihara ikan arwana cukup menantang, dan sebagai pemilik kita harus paham betul bagaimana cara memelihara ikan tersebut. Oleh karena itu, untuk kalian yang tertarik memelihara ikan arwana pastikan untuk mengetahui tips dan kriteria yang bagus sebelum beli ikan arwana.

Apalagi jika Teman SDI ingin membeli ikan arwana dengan tujuan untuk grooming sendiri ataupun kebutuhan kontes ikan arwana. Hal ini tentu menjadi lebih krusial lagi. Teman SDI perlu lebih hati-hati dalam memilih ikan arwana yang bagus, dan tidak boleh secara asal beli ikan arwana tanpa memperhatikan kriteria standar ikan arwana yang baik.

Setelah beli ikan arwana juga, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan agar ikan arwana bisa tumbuh dengan warna yang bagus. Seperti selalu memperhatikan kondisi ikan arwana apakah sudah terjaga baik? Apakah perawatannya sudah maksimal? Apakah perlengkapan aquarium yang digunakan sudah tepat? Dan masih banyak hal lain yang perlu tetap dipelajari setelah beli ikan arwana.

Tetapi, kali ini kita akan bersama-sama mempelajari apa saja kriteria arwana yang bagus. Atau, jika kamu baru pertama kali membeli ikan arwana, tips beli ikan arwana ini bisa diterapkan untuk mendapatkan arwana dengan kualitas terbaik.

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM BELI IKAN ARWANA

  1. Sesuaikan Budget dan Tujuan Beli Ikan Arwana

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum beli ikan arwana yaitu tentunya menyesuaikan budget yang kamu miliki. Pastikan kamu sudah menyiapkan budget yang cukup untuk beli ikan arwana yang diinginkan. Kamu juga perlu memikirkan tujuan memelihara ikan arwana. Apakah ingin memelihara arwana untuk kesenangan pribadi saja? Untuk diikut sertakan kontes ikan arwana?

Jika Teman SDI beli ikan arwana untuk kesenangan pribadi, mungkin budget yang dikeluarkan bisa tidak terlalu besar. Namun, jika kamu membelinya untuk diikutsertakan kontes, pastilah budget yang dikeluarkan bisa lebih besar lagi mengingat kriteria arwana untuk kontes terbilang cukup ketat dan membutuhkan ikan arwana dengan kualitas tinggi.

  1. Cari Pemasok Ikan Arwana Terpercaya

Melakukan riset tempat untuk beli ikan arwana menjadi hal yang sangat penting. Bagaimana jika tempat yang kamu datangi ternyata melakukan kecurangan seperti sengaja memberi pakan ikan arwana sedikit agar siripnya terlihat lebar? Pastinya Teman SDI tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Oleh karena itu, kita harus melihat reputasi pemasok ikan arwana tersebut. Apakah reputasinya baik? Jika ingin lebih aman, Teman SDI bisa bertanya kepada teman satu penghobi arwana yang sudah sering membeli, biasanya mereka sudah punya tempat langganan yang terpercaya.

  1. Jangan Tergiur Ikan Arwana Murah

Pernahkah Teman SDI menemukan penjual ikan arwana dengan harga yang tidak masuk akal? Kualitasnya terlihat bagus, tetapi mereka menjualnya dengan harga yang sangat murah? Hati-hati! Jangan sampai kamu tergiur dengan harga yang murah.

Mungkin saja ketika melihatnya di toko terlihat baik-baik saja, tetapi kita tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi beberapa bulan ke depan. Bisa saja ikan arwana tersebut sakit dan memang kualitasnya tidak sebagus yang kita kira. Usahakan, jangan tergiur harga murah ya.

TIPS DAN TRIK BELI IKAN ARWANA

Inilah beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan saat beli ikan arwana agar tidak salah pilih, berikut pembahasannya di bawah ini :

  1. Tips Beli Ikan Arwana Ukuran 10cm – 20cm

Ada beberapa hal yang perlu diketahui, sebelum Teman SDI beli ikan arwana ukuran ini. Seperti yang sudah kita pelajari di atas, memelihara ikan arwana ini cukup menantang apalagi untuk para pemula. Nah, tingkat tantangan memelihara ikan ini akan semakin tinggi jika ukuran ikan arwana semakin kecil.

Mengapa demikian? Beli ikan arwana ukuran kecil jauh lebih berisiko dibandingkan ikan arwana ukuran sedang, karena ikan arwana ini masih sangat rentan. Jika kamu salah memelihara atau penanganannya kurang tepat, ikan arwana ukuran kecil ini bisa mati dengan mudah.

Ini juga menjadi alasan mengapa ikan arwana ukuran kecil bisa lebih murah dibandingkan ukuran atasnya. Harganya bervariasi, biasanya dimulai dari harga 1,5 juta hingga 3 juta. Bisa lebih mahal atau murah tergantung pemasok masing-masing. Namun, para penghobi pemula tidak disarankan beli ikan arwana berukuran kecil ini.

Tetapi jika Teman SDI masih tetap ingin beli ikan arwana ukuran 10cm – 20cm, disarankan untuk mengikuti beberapa kriteria seperti tubuhnya yang mulus, mulutnya tidak cakil, berenang dengan seimbang. Beli ikan arwana ukuran ini, biasanya tidak terlalu mementingkan warna namun lebih ke proposional tubuh arwana itu sendiri.

  1. Tips Beli Ikan Arwana Ukuran 20cm – 30cm

Berbeda dengan ukuran arwana sebelumnya, jika Teman SDI ingin beli ikan arwana ukuran 20cm – 30cm maka tingkat risikonya jauh lebih berkurang. Biasanya arwana ukuran ini sudah jauh lebih stabil dan kuat, sehingga tidak akan mudah mati. Dan tentunya, semakin besar ukuran ikan arwana maka harganya akan lebih mahal dan bervariasi.

Beberapa ikan arwana berukuran 20cm – 25cm dibanderol mulai dari 3,8 juta hingga 4,2 juta. Kemudian untuk harga ikan arwana di atas 25cm – 30cm biasanya akan jauh lebih mahal lagi. Untuk para pemula yang ingin memelihara ikan arwana, sebaiknya beli ikan arwana di range ukuran ini, karena sekitar 80% sudah lebih aman. Tinggal bagaimana kita melakukan perawatan agar arwana semakin besar, dan mempunyai warna yang cantik.

Sebaiknya jika ingin beli ikan arwana ini, Teman SDI memilih ikan arwana dengan tubuh yang proposional, mulut rapih tidak cakil, kepalanya menyendok, aktif berenang, dan ekornya melambai dengan lebar. Hanya saja untuk mendapatkan 1 ekor ikan arwana ukuran ini, kamu butuh budget yang lumayan besar dan pastikan ada alokasi dana untuk perawatan hariannya.

  1. Tips Beli Ikan Arwana Ukuran di atas 30cm

Ketika beli ikan arwana ukuran ini, biasanya ada dua pilihan yang tersedia, yaitu ada ikan arwana yang sudah berwarna dan ada ikan arwana yang belum berwarna.

Beli ikan arwana ukuran di atas 30cm sangat disarankan untuk pemula, karena sudah sangat stabil dan risiko matinya jauh lebih rendah. Tapi, terkadang pembeli seringkali dibingungkan. Karena ada ikan arwana yang warnanya belum keluar, tapi harganya jauh lebih tinggi daripada ikan arwana yang warnanya sudah keluar. Ini wajar saja, karena berarti ikan arwana itu mempunyai potensi yang baik.

Dan jika ditanning, bisa jadi ikan arwana yang warnanya belum keluar itu bisa jauh lebih cantik. Tetapi jika Teman SDI ingin membeli ikan arwana yang warnanya sudah merah, maka disarankan untuk melanjutkan proses tanning arwana di rumah. Tetapi pastikan warnanya jangan sampai gosong ya.

Nah itulah pembahasan kita mengenai tips dan trik beli ikan arwana. Semoga artikel kali ini dapat membantumu jauh lebih bijaksana dalam memilih arwana berkualitas bagus sesuai keinginan kamu. Dan jangan lupa selalu memperhatikan perawatan ikan arwana dengan baik, dan pastikan pakan ikan arwana bergizi agar arwana bisa terus tumbuh dengan cantik.

Kalian juga dapat mengunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : flickr.com
Leave a comment