🐟 TUTORIAL LENGKAP BREEDING IKAN DISCUS: MULAI DARI TAHAPAN SAMPE MASA PANEN

Halo Teman SDI!

Ikan discus menjadi salah satu ikan hias air tawar yang nilai jualnya masih sangat tinggi di pasaran. Permintaan ikan discus juga terbilang banyak dicari oleh para penghobi ikan. Berdasarkan hal ini, kita dapat menarik kesimpulan ikan discus berpotensi menjadi peluang bisnis yang punya prospek bagus dan menguntungkan. Salah satunya caranya yaitu dengan melakukan breeding ikan discus.

breeding ikan discus
images pxhere.com

Breeding ikan discus dapat menjadi pilihan bijak, karena kontes-kontes ikan discus seringkali diadakan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi minat terhadap ikan discus juga. Kemudian, masih banyak kolektor ikan yang rela merogoh kantong hingga puluhan juta untuk mendapatkan ikan discus yang mereka sukai.

Tetapi, tidak semua orang dapat melakukan breeding ikan discus, karena banyak sekali tahapan yang harus dilakukan dengan benar. Selain mengetahui bagaimana caranya melakukan breeding ikan discus, pemilik juga harus memahami bagaimana caranya memelihara ikan discus agar menjadi bibit yang berkualitas, jauh-jauh hari sebelum memasuki tahapan breeding ikan discus.

Tetapi tidak perlu khawatir. Hal ini tentu dapat dipelajari jika Teman SDI bersungguh-sungguh ingin melakukan breeding ikan discus. DI kesempatan kali ini, kita akan mempelajari apa saja tahapan breeding ikan discus agar berjalan lancar serta menghasilkan anakan ikan discus yang berkualitas. Simak pembahasan di bawah ini, yuk!

TAHAPAN BREEDING IKAN DISCUS

Untuk para pemula, breeding ikan discus merupakan suatu bisnis yang baru dan menantang.

Karena untuk memulai breeding ikan discus ini membutuhkan biaya yang cukup besar, baik untuk membeli indukan ikan discus yang berkualitas hingga membeli perlengkapan aquarium yang bisa menopang kehidupan saat proses breeding ikan discus berlangsung.

Sehingga saat memutuskan untuk terjun dan memulai breeding ikan discus, sebagai pemelihara kita harus benar-benar memperhatikan segala aspek penting yang dapat memengaruhi keberhasilan breeding ikan discus ini. Berikut pembahasan bagaimana cara memulai breeding ikan discus di bawah ini :

  1. Lakukan Proses Pairing Ikan Discus

Hal pertama yang harus dilakukan saat proses breeding ikan discus yaitu dengan melakukan pairing antar sesama ikan discus. Teman SDI bisa mempersiapkan aquarium ukuran 100x40x40cm.

Kemudian, tambahkan 6 sampai 8 ekor ikan discus, pastikan antara discus betina dan discus jantan jumlahnya sama.

Sebelum melakukan pairing ikan discus, pastikan kriteria calon indukan ikan discus sudah sesuai. Berikut beberapa kriteria untuk breeding ikan discus :

  • Budidaya ikan discus harus menggunakan indukan ikan discus dengan usia setidaknya 1 tahun
  • Ikan discus sehat, tidak memiliki kecacatan fisik ataupun kelainan genetic
  • Pilihlah ikan discus yang lebih aktif berenang
  • Pastikan ikan discus tidak terlihat pucat dan pasif, biasanya ikan discus yang berdiam diri di satu tempat dan terlihat pucat sedang terkena penyakit
  • Bentuk tubuh ikan discus harus ideal, tidak terlalu kurus dan cukup nutrisi
  • Pilihlah induk ikan discus yang punya motif tebal dengan warna cerah menyala

Setelah memilih bibit, barulah pairing ikan discus bisa dilakukan. Setelah 6-8 ikan discus sudah ditaruh, biarkan ikan discus memilih pasangannya sendiri. Jika terlihat sepasang discus memisahkan diri dari kerumunan dan berdiam di sudut aquarium, maka sepasang discus tersebut sudah siap dibreeding.

Ketika proses pairing ikan sudah selesai, maka breeding ikan discus bisa mulai dilanjutkan.

  1. Menyiapkan Aquarium Breeding Ikan Discus

Setelah pairing ikan discus selesai, dan sudah ditemukan pasangan ikan yang siap untuk dibreeding. Hal selanjutnya yaitu, Teman SDI bisa menyiapkan aquarium khusus breeding ikan discus. Ukuran aquarium minimal 40-50 cm untuk sepasang ikan discus.

Pisahkan ikan yang berpotensi breeding ke aquarium, dan jangan lupa untuk menyiapkan media discus untuk bertelur. Kamu bisa memanfaatkan paralon yang berdiri secara vertikal. Setelah aquarium dan media penempatan telur sudah ada, maka kita bisa masuk ke tahap breeding ikan discus selanjutnya.

  1. Memperhatikan Kualitas dan Kondisi Aquarium

Sebelum memulai breeding ikan discus, pastikan aquarium yang kamu miliki mempunyai kualitas air yang baik. Kadar amonia tidak boleh tinggi, pH air aquarium harus sesuai dengan kebutuhan ikan discus, air aquarium yang digunakan harus diendapkan terlebih dahulu minimal 1×24 jam. Dan pastinya media filter yang digunakan harus memadai agar kotoran dapat tersaring lalu menghasilkan air yang sehat, sehingga breeding ikan discus bisa berjalan dengan baik.

Selain itu pastikan kondisi aquarium tidak menggunakan aksesoris seperti tanaman maupun pasir. Usahakan sebisa mungkin setting aquarium polos saja agar pasangan ikan tidak terditraksi, sehingga breeding ikan discus bisa berjalan tanpa adanya hambatan.

  1. Proses Breeding Ikan Discus

Setelah memastikan kualitas dan kondisi air aquarium baik, kita bisa lanjut ke tahap breeding ikan discus selanjutnya yaitu proses berlangsungnya proses peneluran terjadi. Untuk melakukan tahap breeding ikan discus, pastikan volume air aquarium yang ada tidak lebih tinggi dari 30cm. Air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan si ikan malas melakukan pemijahan.

Breeding ikan discus akan berlangsung saat ikan discus betina menempatkan telur dan menempelkannya pada media telur yang ada. Setelah itu barulah ikan discus jantan akan mengeluarkan cairan putih dan akan melakukan pembuahan.

Setelah proses breeding ikan discus selesai, biasanya telur ikan discus akan menetas tidak lama sekitar 3 hari dari masa pembuahan. Jika sudah menetas, burayak atau anakan ikan ini akan dijaga oleh induknya karena mereka masih belum dapat berenang dengan stabil.

Ini menjadi proses inti dalam breeding ikan discus, selama proses breeding ikan discus berlangsung pastikan kamu benar-benar memperhatikan kondisi ikan discus. Teman SDI juga dapat memberikan pakan bernutrisi yang membantu meningkatkan kesuburan dan kualitas telur induk ikan discus.

Dengan catatan pemberian pakan dilakukan secukupnya sesuai yang dibutuhkan.

  1. Masa Panen Breeding Ikan Discus

Masa panen ikan discus akan tiba setelah telur burayak discus menetas. Setelah beberapa minggu dari proses persiapan dan penetasan berlangsung, ikan discus yang dibreeding sudah siap dipanen.

Jika breeding ikan discus yang pertama sudah berjalan dengan baik dan ikan discus tumbuh sehat, maka Teman SDI dapat menggunakan akuarium itu untuk melakukan breeding ikan discus berikutnya.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan perlengkapan akuarium yang berkualitas agar ikan discus dapat tumbuh dengan baik dan memiliki warna cerah yang cantik.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara melakukan breeding ikan discus. Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : pxhere.com
Leave a comment