🐟CEKIDOT 10+ JENIS IKAN MOLLY LENGKAP DENGAN HARGANYA

Halo Teman SDI!

Ada berbagai jenis ikan hias air tawar yang dapat kamu pelihara di rumah. Ikan molly menjadi salah satu ikan hias yang populer di kalangan para penghobi ikan berkat warna coraknya yang cantik dan bentuk tubuhnya yang menggemaskan. Namun, tahukah kamu berbagai jenis ikan molly yang ada? Jika Teman SDI tertarik untuk mulai memelihara ikan molly, berikut ini beberapa jenis ikan molly lengkap dengan harganya.

MENGENAL APA ITU IKAN MOLLY?

jenis ikan molly
Images: commons.wikimedia.org

Ikan molly merupakan salah satu spesies ikan hias yang banyak digemari oleh para pecinta aquarium. Menambahkan beragam jenis ikan molly pastinya akan membuat aquarium Teman SDI lebih hidup.

Memiliki nama ilmiah Poecilia sphenops, ikan molly termasuk ikan hias yang mempunyai sifat bersahabat, ramah, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Berasal dari Perairan Meksiko, Florida, dan Virginia.

Ikan molly juga sering dikenal dengan sebutan ikan balon. Dan nyatanya, ikan molly merupakan omnivora atau pemakan segalanya, bahkan ikan molly juga memakan alga serta lumut pada dasar aquarium, sehingga ikan molly juga sering dijuluki sebagai ikan pembersih kotoran.

Pada umumnya ikan molly mempunyai bentuk tubuh bulat dengan perut yang buncit. Mulutnya maju ke depan, dan di antaranya terdapat bola mata bulat yang cukup besar. Biasanya ikan molly tidak memiliki corak, tetapi ada beberapa jenis ikan molly yang memiliki corak cantik. Berikut pembahasan mengenai jenis ikan molly di bawah ini.

BERAGAM JENIS IKAN MOLLY

  1. Ikan Molly Balon

Jenis Ikan Molly
Images: needpix.com

Jenis ikan molly pertama yang sering kita temui adalah ikan molly balon. Nama jenis ikan molly yang satu ini diambil berdasarkan bentuk tubuhnya yang menyerupai balon.

Memiliki ciri khas perut buncit yang tampak ingin meledak menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi jenis ikan molly balon. Ketika jenis ikan molly balon ini hamil, perutnya akan membesar lagi lebih dari biasanya.

Harga dari jenis ikan molly balon rata-rata berkisar Rp 2.000,- hingga Rp 3.000,- per ekornya.

  1. Ikan Black Molly

jenis ikan molly
Images: commons.wikimedia.org

Ikan black molly atau ikan molly berwarna hitam juga menjadi salah satu jenis ikan molly yang banyak digemari oleh para penggemarnya. Berbeda dari ikan molly biasa, jenis ikan black molly ini memiliki warna hitam yang solid pada seluruh tubuhnya.

Warna hitam pekat yang eksotis menjadi keunikan tersendiri dan pastinya ikan molly ini akan tersorot menjadi pusat perhatian. Jika ingin aquarium terlihat lebih hidup, akan menjadi pilihan yang sangat bijak dengan menambahkan jenis ikan molly hitam yang satu ini.

Harga dari jenis ikan black molly rata-rata berkisar Rp 2.000,- hingga Rp 1.000,- per ekornya.

  1. Ikan Golden Molly

Jenis Ikan Molly
Images: commons.wikimedia.org

Jenis ikan molly selanjutnya adalah ikan golden molly. Didominasi dengan warna emas yang anggun pada seluruh tubuhnya, jenis ikan molly yang satu ini selalu terlihat terang menyala baik siang ataupun malam saat dibantu oleh cahaya dari lampu aquarium.

Ikan golden molly tidak memiliki corak seperti jenis ikan molly berwarna hitam, tetapi ikan golden molly ini masih tetap populer meskipun sudah jarang ditemukan di toko-toko ikan. Jenis ikan molly emas tidak kalah menarik juga jika di pelihara di dalam aquarium Teman SDI.

Harga dari ikan golden molly rata-rata berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,- per ekornya.

  1. Ikan Molly Golden Black

Jenis ikan molly golden black ini merupakan perpaduan antara ikan molly berwarna emas dengan ikan molly berwarna hitam. Berbeda dengan ikan molly polos, jenis ikan molly golden black ini mempunyai bintik hitam yang cukup banyak pada sebagian tubuhnya.

Jika ingin memelihara ikan cantik sekaligus eksotis, Teman SDI bisa menambahkan jenis ikan molly golden black ini ke dalam aquariumnya.

Harga dari ikan molly golden black rata-rata berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,- per ekornya.

  1. Ikan Black Sailfin Molly

Jenis Ikan Molly
Images: flickr.com

Jenis ikan black sailfin molly punya tampilan yang hampir mirip dengan ikan black molly. Dengan warna dasar hitam yang sama-sama pekat, hanya saja jenis ikan molly yang satu ini mempunyai sirip yang lebih panjang.

Selain ukuran sirip yang lebih panjang, ikan black sailfin molly mempunyai corak dengan aksen berwarna biru keoranyean yang membuat jenis ikan molly ini semakin menarik dan banyak diburu oleh kolektor ikan hias.

Harga dari jenis ikan molly yang satu ini masih sangat terjangkau dengan rata-rata berkisar Rp 5.000,- per ekornya.

  1. Dalmatian Molly

Jenis ikan molly selanjutnya yang tidak kalah menarik dengan jenis ikan molly lainnya adalah ikan dalmatian molly. Memiliki corak yang mirip dengan anjing dalmatian, membuat jenis ikan molly yang satu ini menjadi jajaran ikan molly yang paling banyak digemari oleh penghobi ikan hias.

Semakin banyak corak hitam putih yang menyelimuti tubuhnya, maka harga jenis ikan molly dalmatian ini akan semakin tinggi.

Harga dari ikan dalmatian molly ini rata-rata berkisar puluhan hingga ratusan ribu per ekor tergantung seberapa banyak corak dan ukuran dari ikan dalmatian molly tersebut.

  1. Lyretail Molly

Tidak seperti jenis ikan molly biasanya yang mempunyai sirip melebar, ikan lyretail molly memiliki ekor berbentuk huruf u yang meruncing.

Jenis ikan molly lyretail ini memiliki perpaduan warna emas, oranye, dan sedikit kemerahan lengkap dengan corak bintik pada sirip dan buntutnya.Keunikan ikan lyretail molly inilah yang membuat jenis ikan molly yang satu ini sangat diminati oleh kalangan pecinta ikan hias, sehingga harga jualnya juga ikut naik.

Harga dari ikan lyretail molly lebih mahal dari jenis molly biasa yaitu rata-rata berkisar Rp 50.000,- per ekornya. Permintaan yang banyak dengan stok yang sedikit juga menyebabkan harga jual ikan lyretail ini melonjak di pasaran ikan hias.

  1. Wild Green Sailfin Molly

Berasal dari kawasan Amerika Tengah, lebih tepatnya di Danau Peten Guatemala, ikan wild green sailfin molly yang satu ini memiliki warna dasar keabuan dengan perpaduan warna kehijauan metalik pada seluruh tubuhnya.

Jenis ikan molly ini mempunyai sirip lebar yang memanjang. Spesies ikan wild green sailfin molly ini cukup menarik karena langka dan harga jualnya juga cukup tinggi.

Harga dari ikan wild green sailfin molly ini rata-rata berkisar Rp 15.000,- per ekornya.

  1. Liberty Molly

Jenis Ikan Molly
Images: animalia.bio

Jenis ikan molly selanjutnya adalah ikan liberty molly yang berasal dari El Salvador. Ikan liberty molly tergolong ke dalam jenis ikan molly sirip pendek.

Keunikan dari ikan liberty molly terletak pada warna tubuhnya dengan perpaduan abu dan cokelat, namun siripnya memiliki warna cerah yang cukup kontras.Berbeda dengan jenis ikan molly pada umumnya, ikan liberty molly memiliki tubuh yang lebih kecil yaitu tidak lebih kecil dari 3cm dan tidak lebih panjang dari 8cm.

Harga dari ikan liberty molly  rata-rata berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- per ekornya.

  1. Marbel Molly

Jenis ikan molly selanjutnya memiliki warna dasar hitam dengan bercak putih marble yang terlihat luar biasa di bawah pencahayaan lampu aquarium akan menambah tampilannya menjadi semakin lebih menarik.

Ikan marbel molly merupakan jenis ikan molly yang berasal dari hasil perkawinan silang, sehingga ikan ini mempunyai corak yang sangat cantik. Dan menjadi salah satu jajaran ikan molly populer.Harga dari ikan marbel molly rata-rata berkisar Rp 2.000,- per ekornya.

  1. Yucatan Molly

Memiliki tampilan cantik dengan perpaduan warna kuning dan merah menyala pada punggung, lalu terdapat tampilan warna memutih pada bagian perutnya.

Jenis ikan molly yucatan ini juga memiliki bintik seperti garis atau titik-titik pada bagian ekornya yang tampak bersinar jika ditambahkan dengan lampu aquarium.

Harga dari ikan yucatan molly rata-rata berkisar Rp 5.000,- hingga Rp50.000,- per ekornya.

  1. White Pot Belly Molly

Jenis ikan discus yang sangat populer dan tentunya banyak yang menggemari karena warnanya yang cerah adalah ikan white pot belly molly.

Ikan white pot belly molly memiliki warna warna putih cerah. Kemudian ikan molly ini juga hampir sama dengan jenis ikan molly balon yaitu mempunyai perut yang lebih besar dari ikan molly biasa.

Harga dari ikan white pot belly molly rata-rata berkisar Rp 25.000,- hingga Rp 50.000,- per ekornya.

  1. Silver Molly

Jenis ikan molly selanjutnya yang tidak kalah menarik dengan jenis ikan molly yang populer lainnya adalah ikan silver molly. Sesuai namanya, ikan silver molly memiliki tubuh dengan perpaduan warna putih keperakan.

Harga dari ikan silver molly rata-rata berkisar Rp 2.500,- hingga Rp10.000,- per ekornya.

Jika Teman SDI masih penasaran dengan informasi seputar dunia air lainnya dapat langsung kunjungi website kita di suryadutainternasional.com.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : commons.wikimedia.org
Leave a comment