🐟 FAKTA MENARIK IKAN MOLLY, FAKTA KE 5 BIKIN KAGET SEKAMPUNG

Halo Teman SDI!

Setiap penghobi ikan memiliki tujuan yang berbeda saat memelihara ikan hias. Beberapa di antaranya memelihara karena hobi, ingin mengisi waktu luang, ataupun untuk budidaya ikan. Tetapi, pastilah tampilan visualisasi aquarium menjadi hal yang diinginkan oleh semua orang. Dengan aquarium yang indah, maka kita akan semakin senang untuk memelihara ikan tersebut. Nah, ikan molly bisa menjadi salah satu ikan hias yang dapat membuat aquarium kamu semakin cantik berkat keragaman jenis dan warna ikan molly.

Tetapi, sebelum memelihara ikan ini apakah kamu sudah mengetahui fakta ikan molly yang ada? Dibalik wujud menggemaskan ikan hias yang satu ini, ternyata ada banyak sekali loh fakta menarik ikan molly yang harus kamu ketahui, nih.

Mau tahu apa saja fakta ikan molly ini? Jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini kita akan kupas tuntas mengenai fakta ikan molly. Maka dari itu, simak terus tulisan ini sampai akhir agar kamu tidak ketinggalan mengenai informasi menarik seputar dunia air ya teman-teman.

MENGENAL IKAN MOLLY

Sebelum mengetahui fakta ikan molly, tentunya kita harus terlebih dahulu tahu dan mengenal seperti apa itu ikan molly.

Jenis Ikan Molly
Images: flickr.com

Ikan molly merupakan salah satu spesies ikan hias yang banyak digemari oleh para pecinta aquarium. Menambahkan ikan molly pastinya akan membuat aquarium Teman SDI menjadi lebih hidup. Meskipun ikan molly populer, nyatanya ada beberapa fakta ikan molly yang masih belum diketahui banyak orang loh.

Memiliki nama ilmiah Poecilia sphenops, ikan molly termasuk ikan hias yang mempunyai sifat bersahabat, ramah, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Berasal dari Perairan Meksiko, Florida, dan Virginia.

Ikan molly juga sering dikenal dengan sebutan ikan balon. Dan nyatanya, ikan molly merupakan omnivora atau pemakan segalanya, bahkan ikan molly juga memakan alga serta lumut pada dasar aquarium, sehingga ikan molly juga sering dijuluki sebagai ikan pembersih kotoran.

Pada umumnya ikan molly mempunyai bentuk tubuh bulat dengan perut yang buncit. Mulutnya maju ke depan, dan di antaranya terdapat bola mata bulat yang cukup besar. Biasanya ikan molly tidak memiliki corak, tetapi ada beberapa jenis ikan molly yang memiliki corak cantik. Cek di sini jika ingin mengetahui pembahasan mengenai jenis ikan molly.

Ikan molly banyak digemari dari berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Ikan molly juga banyak dipelihara tanpa melihat apakah pemeliharanya wanita ataupun pria. Dan inilah beberapa fakta ikan molly, si bocil cantik. Simak tulisan di bawah ini ya.

7 FAKTA IKAN MOLLY YANG WAJIB KAMU TAHU

  1. Ikan Molly Dapat Hidup di Air Payau

Fakta ikan molly yang pertama, beberapa jenis ikan molly ini bisa hidup di air payau. Air payau adalah kombinasi antara air asin dengan air tawar. Sementara, sebagian besar lain ikan molly dapat bertahan hidup di air tawar. Ikan molly tidak bergantung pada air asin untuk bertahan hidup.

Nah, itulah fakta ikan molly yang pertama. Ketika memelihara ikan molly, kamu bisa menempatkan ikan ini di aquarium air tawar. Tetapi jika ingin menambahkan garam, juga diperbolehkan dengan catatan pastikan takaran garam yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan ikan molly.

  1. Ikan Molly Spesies yang Kuat

Tidak seperti ikan hias lain yang mungkin mempunyai tingkat sensitivitas lebih tinggi, ikan molly merupakan salah satu ikan yang punya daya tahan tubuh kuat. Ini menjadi salah satu fakta ikan molly yang wajib kamu ketahui. Dibandingkan ikan lain, ikan molly lebih toleran terhadap adanya perubahan parameter air.

Fakta ikan molly kali ini menjelaskan bahwa ikan molly tidak mudah mati, sehingga sangat cocok untuk para penghobi ikan pemula. Tetapi, tidak berarti ikan ini kebal. Jika kadar racun pada air tinggi, atau terjadinya perubahan suhu secara drastis, ikan molly bisa berpotensi sakit hingga berujung kematian.

  1. Ikan Molly Tidak Bertelur, tetapi Melahirkan

Teman SDI jangan kaget ketika membaca fakta ikan molly yang satu ini ya. Berbeda dengan ikan hias lain yang berkembang biak dengan cara bertelur, ikan molly berkembang biak dengan cara melahirkan bayi-bayinya. Pembuahan telur ini terjadi di dalam tubuh betina, lalu ketika sudah waktunya induk betina akan melahirkan anakan molly.

Ini menjadi salah satu fakta ikan molly yang jarang diketahui terutama untuk para penghobi ikan pemula. Ketika induk molly melahirkan, anakan molly tersebut sudah mampu berenang setelah beberapa jam usai dilahirkan.

  1. Ikan Molly Menghasilkan Banyak Anak

Ada satu kemampuan unik ikan molly yang menjadikan ikan ini unik dan dikenal sebagai ikan yang  mudah untuk berkembang biak. Ikan molly mampu menyimpan sperma dalam tubuhnya yang akan digunakan kembali untuk proses fertilisasi di masa yang akan mendatang. Ini merupakan fakta ikan molly yang sangat menarik dan jarang terjadi pada ikan hias lain.

Saat ikan molly selesai melahirkan, lalu beberapa hari kemudian kamu menyadari perut ikan molly kembali buncit itu bisa terjadi karena adanya sisa pembuahan yang tertinggal pada tubuh ikan molly betina. Sehingga tidak mengherankan ikan molly ini akan melahirkan banyak anakan.

Dari fakta ikan molly kali ini kita bisa menyimpulkan, bahwa ikan molly menjadi salah satu ikan hias yang mudah dibudidayakan karena mereka mampu berkembang biak dengan cepat.

  1. Ikan Molly Bukanlah Orangtua yang Baik

Fakta ikan molly kali ini cukup menyedihkan. Meskipun ikan molly sangat mudah untuk berkembang biak dan menghasilkan anakan yang banyak. Pada kenyataannya, indukan ikan ini bukanlah orangtua yang baik. Karena ikan molly merupakan ikan yang tidak mau merawat anak mereka.

Bahkan di antara beberapa indukan yang ada, banyak dari mereka yang senang memakan anakannya sendiri. Setelah mendengar fakta ikan molly ini, pastikan kalian selalu memisahkan anakan dari indukan ketika sudah dilahirkan untuk mencegah terjadinya masalah di atas.

Inilah salah satu fakta ikan molly yang harus kalian ketahui dan waspadai agar tidak terjadi kepada anakan ikan molly yang ada.

  1. Ikan Molly Mempunyai Nafsu Makan yang Besar

Fakta ikan molly ini sepertinya sudah bisa ditebak dari bentuk tubuh ikan molly yang bulat dan menggemaskan. Pada dasarnya ikan molly sangat aktif berenang dan senang bergerak ke sana ke sini. Karena hal inilah yang membuat molly lebih mudah lapar dan membutuhkan pakan yang banyak. Dengan kata lain, ikan molly adalah ikan yang rakus.

Berdasarkan fakta ikan molly kali ini, pastikan Teman SDI selalu memenuhi pakan ikan molly yang bernutrisi dan secukupnya. Teman SDI bisa memberikan kutu air sebagai contoh pakan hidup yang juga bagus karena dapat meningkatkan warna tubuhnya secara alami.

Fakta ikan molly sebagai ikan yang rakus tidak berarti kamu dapat memberikan pakan ikan molly secara berlebihan. Pastikan tetap memberikan pakan sesuai yang dibutuhkan ikan molly ya. Faktanya sehari sekali juga bisa loh.

  1. Usia Hidup Ikan Molly Terbilang Singkat

Fakta ikan molly selanjutnya yaitu ikan molly memiliki rentang usia hidup yang cukup singkat. Biasanya ikan ini mampu bertahan hidup sekitar 2 hingga 5 tahun. Usia mereka juga tergantung berdasarkan apakah mereka dirawat dengan baik atau tidak.

Biasanya ikan molly akan hidup lebih lama jika ditempatkan pada habitat aslinya. Mungkin setelah membaca fakta ikan molly ini, sebagian dari kamu akan merasa khawatir. Tetapi Teman SDI tetap bisa melakukan kiat-kiat yang membuat ikan ini hidup bertahan lama.

Nah itulah beberapa fakta ikan molly yang harus kamu ketahui. Apakah teman-teman semakin tertarik untuk memelihara ikan molly yang menggemaskan ini? Pastikan untuk selalu menyediakan berbagai produk perlengkapan aquarium yang dibutuhkan oleh ikan molly kesayanganmu agar mereka tetap sehat dan terjaga kualitas kehidupannya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuanmu mengenai fakta ikan molly, sehingga bisa dijadikan salah satu pilihan jika ingin memulai memelihara ikan hias air tawar yang cantik.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : needpix.com
Leave a comment