🐟 YUK KENALAN DENGAN 21 IKAN HIAS PELENGKAP AQUASCAPE

Aquascape pasti sudah tidak asing lagi bagi para pecinta aquarium, karena setiap orang yang memelihara ikan hias selalu berhubungan dengan dekorasi dan hiasan yang ditambahkan ke dalam aquariumnya, maka itu bisa dikatakan sebagai aquascape. Jika dilihat dari definisi aquascape itu merupakan seni membentuk dan menata elemen ekosistem air sedemikian rupa sehingga menghasilkan pemandangan cantik dan natural yang bertujuan untuk menyerupai habitat aslinya. Unsur-unsur aquascape yang biasa digunakan tersebut seperti, pasir, batu, kayu, tanaman hias, hewan air tawar dan lainnya. Aquascape bertujuan membuat ekosistem air tawar yang menyerupai seperti dengan habitat aslinya.

Image: Pixabay.com

Tahukah Teman SDI? Ternyata ada banyak jenis ikan hias yang bisa melengkapi aquascape dan ikan hias tersebut dapat dikombinasikan dengan berbagai dekorasi aquarium, sehingga tampilan aquascape Teman SDI terlihat semakin menarik dan tidak membosankan pada saat memandanginya.

Maka dari itu kita rekomendasikan beberapa ikan hias yang cocok untuk menyempurnakan pemandangan aquascape kalian, antara lain :

1. Ikan Hias Cupang

ikan cupang
Image: unsplash.com

Ikan hias yang sangat populer diberbagai kalangan ini memiliki karakter yang cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Bukan hanya harganya yang cukup terjangku, tetapi ikan hias cupang juga banyak variasi warna yang akan membuat aquascape Teman SDI menjadi semakin berwarna.

Teman SDI perlu berhati – hati dalam menambahkan lebih dari 1 ikan cupang kedalam aquascape, karena sifatnya yang agresif dalam mempertahankan wilayah teritorialnya.

2. Ikan Hias Molly

Image: Pixabay.com

Ikan hias Molly terkenal dengan cara perawatannya yang mudah karena tidak membutuhkan perlengkapan aquarium cukup banyak. Warna dari ikan hias Molly juga sangat menarik dan tentunya dapat membuat aquascape Teman SDI bagus. Karena habitat aslinya dari sungai tropis yang bergerak lambat, dan karakter dari ikan hias Molly sendiri mudah beradaptasi dengan baik pada lingkungan barunya.

3. Ikan Hias Neon Tetra

Image: Pixabay.com

Aquascape biasanya terkenal dengan pemandangan air yang natural dan indah dipandang, apalagi dengan ditambahkannya ikan hias seperti Neon Tetra. Tampilan aquascape yang indah itu bukan hanya mengandalkan lampu aquarium saja, tetapi ikan hias Neon Tetra juga bisa menjadikan aquascape Teman SDI terlihat semakin menyala. Memiliki warna yang cerah dan uniknya ikan hias Neon Tetra ini bisa menyala pada kondisi gelap, jadi aquascape kalian menjadi semakin bagus karena dibantu dengan menyalanya ikan hias Neon Tetra.

4. Ikan Hias Tiger Barb

Image: Flickr.com

Salah satu ikan hias yang memiliki corak hampir sama seperti tiger dan disebut sebagai ikan hias Sumatra ini bisa jadi rekomendasi Teman SDI untuk menjadi pelengkap aquascapenya. Bentuk dari coraknya yang unik ternyata masih termasuk dari keluarga Cyprinidae.

5. Ikan Hias Corydoras Panda

Image: Flickr.com

Walaupun namanya yang mirip hewan darat pemakan bambu alias panda, belum tentu ikan hias yang satu ini memakan bambu juga. Termasuk jenis ikan hias dari keluarga genus Corydoras mempunyai pola hitam dan pada daerah matanya sekilas hampir sama dengan hewan pemakan bambu yang bernama panda.

6. Ikan Hias Badut atau Clownfish

Image: Freepik.com

Salah satu ikan hias yang ada pada serial animasi ini cocok banget untuk menjadi pelengkap aquascape Teman SDI. Ciri khas dari ikan hias Badut yaitu memiliki warna oranye dan putih dengan garis hitam unik, pasti membuat kalian semakin betah di rumah.

7. Ikan Hias Boesemans Rainbow

Image: Flickr.com

Dinamakan ikan hias rainbow atau ikan pelangi karena memiliki warna tubuh yang berwarna-warni seperti warna biru, warna oranye muda, oranye tua dan abu-abu dengan pola garis warna perak kehitaman. Ikan hias Boesemans Rainbow ini cocok untuk menjadi pelengkap aquascape Teman SDI di rumah.

8. Ikan Hias Platy

Image: Flickr.com

Pasti sudah tidak asing dengan jenis ikan hias yang satu ini, yaps ikan platy. Memiliki warna tubuh oranye dan bentuknya yang unik, cocok banget untuk ditambahkan pada aquascape dan pastinya membuat aquascape kalian menjadi semakin cantik.

9. Ikan Hias Tropheus Moorii

Image: Flickr.com

Karena aquascape memiliki banyak tanaman hias, maka ikan hias Tropheus Moorii juga dapat menjadi rekomendasi pelengkap aquascape Teman SDI mnejadi semakin indah dipandang. Terlihat seperti ikan hias yang galak, tetapi sebetulnya ikan hias Tropheus Moorii ini cukup ramah pada jenis ikan hias lainnya. Selain warnanya yang bagus, ikan hias yang satu ini bisa membantu Teman SDI yang malas untuk membersihkan aquascapenya karena ikan hias Tropheus Moorii termasuk ikan pemakan ganggang, algae atau sejenis lumut.

10. Ikan Hias Sun Catfish

Image: commons.wikimedia.org

Selanjutnya ada ikan hias Sun Catfish yang berasal dari negara bagian Kerala, India. Salah satu ikan hias nokturnal yang aktif pada saat malam hari. Biasanya ikan hias Sun Catfish jarang terlihat aktif pada siang hari. Selain bentuk tubuhnya yang unik, ikan hias Sun Catfish memiliki kumis seperti ikan lele, karena masih termasuk keluarga dari ikan hias Catfish.

11. Ikan Hias Spotted Headstander ( Chilodus punctatus )

Image: commons.wikimedia.org

Jika dilihat dari namanya, ikan hias ini kurang terkenal dan jarang sekali para pecinta aquarium memeliharanya. Tetapi ikan hias Spotted Headstander juga tidak kalah menariknya dengan ikan hias yang sudah populer. Tubuhnya yang kecil berwarna silver dengan garis pola hitam ini cocok untuk menjadi tambahan aquascape Teman SDI.

12. Ikan Hias Siamese Algae Eater

Sama seperti ikan hias Tropheus Moorii, ternyata ikan hias Siamese Algae Eater juga spesies ikan pemakan lumut-lumutan. Ciri khas dari ikan hias Siamese Algae Eater (SAE) ini memiliki berwarna silver dengan garis hitam dari bagian depan hingga ekornya. Salah satu ikan hias yang mudah beradaptasi, tentu dapat menjadi rekomendasi pelengkap aquascape Teman SDI sekaligus mengurangi pertumbuhan lumut pada aquarium.

13. Ikan Hias Chili Rasbora

Image: Flickr.com

Bernama Chili Rasbora, ikan hias ini sangat unik karena sekilas terlihat seperti cabe merah apalagi dengan bentuk tubuhnya yang kecil, pasti membuat aquascape Teman SDI lebih berwarna. Ikan hias Chili Rasbora sama seperti jenis ikan hias lainnya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

14. Ikan Hias Guppy

Image: Flickr.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini? Yaps, ikan Guppy. Salah satu ikan hias yang membuat para pecinta aquascape semakin jatuh hati karena bentuk tubuhnya yang mempesona dengan ekor dan sirip yang melebar. Memiliki berbagai macam warna, ikan hias Guppy juga sering dijadikan sebagai pelengkap aquascape sehingga menambah tampilan aquascape Teman SDI semakin menarik.

15. Ikan Hias Manfish ( Pterophyllum )

Image: Flickr.com

Bentuk tubuhnya yang pipih atau tipis rata ditambah dengan siripnya yang memanjang ke bawah membuat ikan hias Manfish menjadi salah satu spesies ikan yang banyak disukai oleh para pecinta aquascape.

16. Ikan Hias White Cloud

Image: Flickr.com

Ikan hias yang cocok untuk aquascape selanjutnya yaitu White Cloud. Jenis ikan hias yang memiliki corak bagus dan cantik, otomatis yang melihatnya pun akan dimanjakan dengan tampilan aquascape dan warna ikan hias White Cloud menjadi semakin menarik.

17. Ikan Hias Zebra Danio

Image: Flickr.com

Sering disebut seperti hewan zebra, karena ikan hias Zebra Danio ini salah satu jenis ikan hias yang memiliki corak garis-garis dan berwarna biru serta merah membuat para pecinta ikan semakin tertarik untuk menambahkan ikan Zebra Danio ke dalam aquascapenya. Selain warna merah dan biru, ternyata spesies ikan hias Zebra Danio mempunyai beraneka ragam warna yang cantik-cantik lainnya.

18. Ikan Hias Dwarf Gourami

Image: Flickr.com

Ikan Mini Gurame Hias atau biasa disebut sebagai ikan hias Dwarf Gourami juga sering dipelihara di dalam aquascape. Memiliki warna dan motif yang cerah, ikan hias yang satu ini ternyata berasal dari perairan India, Balangdesh dan Paksitan. Ikan hias Dwarf Gourami terbilang cukup langka atau sulit ditemukan, tetapi hal tersebut tergantung pada ketersediaan dari para pembudidaya.

19. Ikan Hias Discus

Image: commons.wikimedia.org

Discus merupakan spesies ikan hias yang lucu dan unik karena memiliki berbagai macam warna-warna yang cerah serta motifnya yang sangat bagus dan bentuk tubuh yang tipis ini akan membuat tampilan aquascape Teman SDI semakin mempesona dan pastinya memanjakan mata deh.

20. Ikan Hias RummyNose

Image: Flickr.com

Masih satu spesies dengan ikan Neon Tetra, ikan hias Rummy Nose juga dapat menjadi rekomendasi untuk melengkapi aquascape Teman SDI. Ikan hias Rummy Nose ini memiliki keunikan sendiri, yaitu sesuai dengan namanya Rummy Nose maka warna merahnya pun hanya berada di daerah kepala atau pada bagian hidungnya saja.

21. Ikan Hias Otocinclus Affinis

Image: Flickr.com

Walaupun memiliki nama yang sangat asing, ternyata ikan hias Otocinlus Affinis sering dijadikan sebagai pelengkap aquascape. Kelebihan dari ikan yang satu ini ternyata dapat meminimalisir pertumbuhan lumut pada aquascape.

Demikianlah artikel tentang ikan hias yang cocok untuk melengkapi aquascape. Jika Teman SDI ingin mengetahui lebih banyak tentang aquascape dan tips dunia air, bisa langsung kunjungi blog kita di Surya Duta Internasional yaa!

Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya…!!

SDI? “Because Life is Better Underwater”

- Website SDI : suryadutainternasional.com 
- Youtube : Surya Duta internasional 
- Shopee : sdi.official 
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official
- Cover Image : Flickr.com

 

Leave a comment