RAGAM BUSA FILTER AQUARIUM MEKANIS, APA BEDANYA?

Halo Teman SDI!

Setiap hewan memiliki cara perawatan yang berbeda, sama ketika kamu mencoba memelihara ikan. Selain memperhatikan ikan hias apa yang ingin dipelihara, kamu harus memastikan kondisi tempat ikan hidup sudah layak dan aman untuk mereka tinggali. Salah satu yang harus ditambahkan untuk memenuhi kelayakan itu adalah dengan menambahkan filter aquarium mekanis.

Terdapat beberapa media filter yang bisa digunakan untuk filter mekanis, misalnya seperti busa filter aquarium, filter kasa, dan sebagainya. Sebagian besar para penghobi ikan memilih busa filter aquarium sebagai media filter mekanis. Selain bisa memfiltrasi dengan baik, busa filter aquarium sangat mudah dijangkau dan bisa didapatkan di berbagai toko perlengkapan aquarium ataupun toko ikan terdekat.

Ini yang menjadikan busa filter aquarium sebagai salah satu media filter mekanis yang paling banyak digunakan oleh para pemelihara ikan hias, khususnya untuk mereka yang memelihara ikan di aquarium. Tetapi tahukah kamu, nyatanya terdapat beragam busa filter aquarium yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ikan dan aquarium kamu. Setiap jenis busa filter aquarium tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada kali ini kita akan membahas apa saja perbedaan dari setiap ragam busa filter aquarium dan menjelaskan secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan dari jenis busa filter aquarium yang ada. Simak pembahasan artikel sampai akhir ya.

3 JENIS BUSA FILTER AQUARIUM YANG BISA KAMU PILIH

Berikut beberapa busa filter aquarium yang dapat kamu pilih menyesuaikan kebutuhan aquarium kamu.

  1. Japmat (Japan Material)

busa filter aquarium
Images: suryadutainternasional.com

Busa filter aquarium pertama yang sudah banyak dipakai oleh para pemelihara ikan yaitu japmat (Japan Material). Busa filter aquarium ini merupakan hasil dari anyaman yang dipress dan biasanya mempunyai tekstur kasar dengan tampilan warna biru cerah.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan busa filter aquarium japmat :

Kelebihan Japmat Kekurangan Japmat
Mampu menyaring partikel kotoran yang berukuran besar Tidak mampu menyaring partikel kotoran halus
Bersifat awet dan lebih tahan lama Harga relatif lebih mahal
Bisa digunakan secara berulang kali
Tidak mudah rusak

Busa filter aquarium japmat memang lebih awet, bahkan tidak akan mudah rusak meskipun kamu mencucinya secara berulang kali. Tetapi jika ingin menggunakan japmat, kamu harus menambahkan busa filter aquarium lain yang dapat menyaring partikel kotoran halus, sehingga kualitas air aquarium bisa benar-benar terjaga, dan ikan kesayangan kamu bisa sehat dan hidup lebih lama.

  1. Biofoam

busa filter aquarium
images:suryadutainternasional.com

Busa filter aquarium berikutnya cukup berbeda dengan jenis busa filter aquarium yang lain. Bukan tanpa alasan, karena biofoam ini juga bisa digunakan sebagai media filter biologis. Tetapi sebagian besar penghobi ikan lebih banyak memanfaatkan biofoam ini untuk filter mekanis.

Sedikit berbeda dengan busa filter aquarium sebelumnya, biofoam mempunyai beberapa jenis grade. Mulai dari biofoam bertekstur sangat kasar, hingga biofoam bertekstur sangat halus.

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari busa filter aquarium yang satu ini? Berikut pembahasannya :

Kelebihan Biofoam Kekurangan Biofoam
Mampu menyaring partikel kotoran kasar dan medium Kurang maksimal dalam menyaring partikel kotoran yang halus
Masa pakai awet dan tahan lama Harus menggunakan tambahan busa filter aquarium jenis lainnya
Bisa digunakan secara berulang kali
Harga masih bisa terjangkau

Hampir sama seperti busa filter aquarium japmat, biofoam juga termasuk sebagai busa filter aquarium yang punya ketahanan lama dan tidak mudah rusak. Tetapi jika ingin kualitas air aquarium kamu benar-benar terjaga, maka Teman SDI harus menambahkan jenis busa filter aquarium lain yang mampu menyaring partikel kotoran halus, sehingga air aquarium tetap aman untuk ditempati si ikan.

Selain itu, ada satu hal kontras lain yang membedakan biofoam dengan jenis busa filter aquarium yaitu media filter ini bisa ditempatkan dengan kondisi terendam di dalam air.

  1. Kapas Dakron

busa filter aquarium
Images: suryadutainternasional.com

Busa filter aquarium berikutnya yaitu kapas dakron yang juga menjadi media filter mekanis yang paling banyak digunakan oleh para pemelihara ikan. Sama seperti busa filter aquarium sebelumnya, kapas dakron memiliki beberapa grade.

Mulai dari kapas dakron yang tipis, hingga kapas dakron yang mempunyai ketebalan bagus, sehingga busa filter aquarium ini bisa bertahan lebih lama.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan busa filter aquarium kapas dakron :

Kelebihan Kapas Dakron Kekurangan Kapas Dakron
Mampu menyaring partikel kotoran yang besar hingga partikel kotoran berukuran halus dengan maksimal Masa pakai singkat (Tidak bisa digunakan secara berulang kali)
Bisa digunakan tanpa menambahkan jenis busa filter aquarium lainnya Lebih mudah kotor dan tersumbat

Range harga bervariasi mulai dari yang ekonomis hingga lebih mahal menyesuaikan kualitas dan ketebalan kapas dakron itu sendiri

(Bisa dipilih sesuai ketersediaan budget)

Busa filter aquarium jenis kapas dakron ini menjadi media filter mekanis yang paling banyak dipilih oleh para pecinta aquarium, karena masing-masing orang dapat membelinya dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Selain itu kemampuan filtrasi kapas dakron ini memang yang terbaik, sehingga tidak salah jika busa filter aquarium ini banyak dipilih.

Sayangnya, kapas dakron hanya bisa digunakan sekali pakai atau dengan kata lain tidak seperti busa filter aquarium jenis lain yang bisa dicuci, sehingga bisa digunakan secara berulang.

BUSA FILTER AQUARIUM MANA YANG PALING TERBAIK?

Seperti yang sudah kamu ketahui, setiap busa filter aquarium memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, alangkah baiknya jika Teman SDI menggunakan gabungan ketiga media filter mekanis ini untuk aquarium, agar air aquarium yang dihasilkan dapat terfiltrasi secara maksimal.

Teman SDI bisa menggunakan salah satu produk busa filter aquarium dari ARMADA yang satu ini, karena sudah sangat lengkap, karena bisa menyaring segala ukuran partikel kotoran mulai dari yang besar hingga sangat halus.

busa filter aquarium
Images: suryadutainternasional.com

Busa filter aquarium dari ARMADA ini bisa menjadi alternatif yang sangat sempurna. Karena kamu tidak perlu kerepotan dan kebingungan lagi dalam memilih busa filter aquarium yang digunakan. Harganya juga masih sangat terjangkau, dan produk ini bisa ditemukan di berbagai toko perlengkapan aquarium terdekat.

Jika ingin membelinya secara grosir dengan keuntungan yang lebih besar, Teman SDI bisa menghubungi kami.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai ragam busa filter aquarium. Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul :
Leave a comment