WAVE MAKER AQUARIUM : TEMUKAN FUNGSI DAN MANFAATNYA DISINI

Halo Teman SDI

Tidak lengkap rasanya memelihara ikan hias predator tanpa menambahkan wave maker aquarium. Penghobi ikan predator yang sudah lama terjun mungkin sudah sangat paham dan mengenal apa itu wave maker. Sementara untuk para pemula yang baru saja memulai hobi ikan predator ini masih kebingungan dengan fungsi dan manfaat wave maker bagi ikan predator.

Bahkan beberapa pecinta ikan predator terkadang mengabaikan perlengkapan aquarium yang satu ini, karena menilai alat ini opsional. Nyatanya, wave maker punya peran yang penting untuk ikan beserta kehidupan ekosistem di dalamnya. Kali ini kita akan mempelajari fungsi dan manfaat wave maker aquarium bagi ikan predator. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

MENGENAL APA ITU WAVE MAKER AQUARIUM DAN BAGAIMANA CARA KERJANYA

Sebelum kita mempelajari apa saja fungsi dan manfaat wave maker aquarium, mari pahami terlebih dahulu apa itu wave maker aquarium  dan bagaimana cara alat ini bekerja. Wave maker merupakan peralatan yang dirancang sebagai pembuat arus atau gelombang dalam aquarium. Wave maker aquarium biasanya ditempatkan pada aquarium yang berisi ikan hias predator yang membutuhkan latihan kelincahan atau kegesitan seperti ikan channa, ikan peacock bass, dan sebagainya.

Biasanya wave maker ditempatkan pada salah satu sisi aquarium yang dekat permukaan air. Jika ingin menempatkan wave maker di permukaan dasar aquarium, maka tempatkanlah wave maker ini menghadap pompa aquarium. Ini dilakukan agar arus gelombang yang dikeluarkan wave maker dapat membantu mendorong kotoran menuju pompa aquarium untuk dihisap dan difiltrasi, sehingga kualitas air aquarium bisa tetap terjaga dan ikan kamu bisa tetap sehat.

Lalu bagaimana cara kerja wave maker ini? Wave maker aquarium bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Ketika saklar sudah menyala, baling-baling yang ada di wave maker akan berputar kencang hingga menghasilkan arus gelombang yang deras pada aquarium yang kamu miliki.

BEBERAPA JENIS WAVE MAKER AQUARIUM

Terdapat dua jenis wave maker aquarium yang dapat kamu gunakan pada aquarium yang kamu miliki. Berikut pembahasannya di bawah ini :

  1. Wave Maker 1 Kipas Putaran

wave maker aquarium
images: suryadutainternasional.com

Jenis wave maker dengan 1 kipas putaran ini berarti wave maker ini hanya mempunyai 1 baling-baling komponen di dalamnya. Biasanya wave maker 1 kipas putaran ini digunakan untuk aquarium berukuran sedang seperti aquarium 1m.

  1. Wave Maker 2 Kipas Putaran

wave maker aquarium
Images: suryadutainternasional.com

Jenis wave maker dengan 2 kipas putaran ini berarti wave maker ini mempunyai 2 baling-baling komponen di dalamnya. Biasanya wave maker 2 kipas putaran ini digunakan untuk aquarium berukuran besar seperti aquarium 2m.

5 FUNGSI DAN MANFAAT WAVE MAKER AQUARIUM

  1. Meningkatkan Aerasi Aquarium

Selain ditempatkan pada permukaan dasar aquarium, wave maker juga bisa ditempatkan pada permukaan atas aquarium. Baling-baling wave maker nantinya akan menciptakan arus gelombang yang dapat menggerakan air aquarium.

Ketika air aquarium tersebut bergerak, maka akan terjadi adanya pertukaran oksigen yang dibutuhkan oleh ikan hias serta ekosistem di dalamnya. Menambahkan wave maker aquarium ke dalam aquarium dapat menjadi pilihan bijak agar ikan yang kalian punya tidak kekurangan suplai oksigen.

  1. Menciptakan Arus Meniru Kondisi Laut

Pastilah Teman SDI di sini sudah tahu, air laut biasanya memiliki arus gelombang pada permukaan atasnya. Nah, untuk menciptakan arus gelombang pada aquarium maka kita membutuhkan wave maker untuk mewujudkannya.

Dengan arus gelombang meniru kondisi laut itu pastilah ikan kesayangan kamu akan semakin betah untuk berenang, karena kondisi air pada aquarium persis menyerupai lingkungan dan ekosistem seperti pada alam aslinya. Maka, jangan ragu untuk menambahkan wave maker aquarium jika ingin ikan hiasmu semakin aktif di dalam aquarium.

  1. Menghindari Adanya Dead Spot

Fungsi dan manfaat wave maker selanjutnya yaitu menghindari adanya area dead spot pada aquarium. Jika Teman SDI hanya mengandalkan pompa aquarium, mungkin saja akan ada area aquarium yang kurang aliran air.

Biasanya area tersebut ada banyak sekali sisa-sisa pakan tertinggal, kotoran yang menumpuk dan sebagainya. Area ini tentu dapat membahayakan ikan kamu. Maka wave maker punya peran penting di sini. Dengan arus yang tercipta, dorongan air wave maker akan sangat membantu untuk menghindari adanya dead spot pada aquarium.

  1. Menciptakan Arus Supaya Terjadi Filtrasi Biologis

Fungsi dan manfaat wave maker selanjutnya yaitu menciptakan arus gelombang supaya terjadi filtrasi biologis pada dead rock dan live rock aquarium. Setelah membaca artikel mengenai live rock & dead rock, tentunya Teman SDI tahu bahwa terdapat bakteri pengurai yang hidup di kedua batu tersebut.

Dengan adanya arus yang dihasilkan oleh wave maker, proses penguraian serta siklus nitrogen aquarium ini dapat berjalan secara efektif, efisien, dan maksimal.

  1. Membuang Kotoran di Dasar Aquarium

Apakah kamu memiliki aquarium tanpa menggunakan pasir aquarium? Jika iya, kamu dapat menambahkan wave maker sebagai pembantu pendorong kotoran pada dasar aquarium. Arus yang dihasilkan wave maker nantinya akan mendorong berbagai kotoran yang tidak mampu dihisap oleh pompa aquarium.

Jika Teman SDI menemukan banyak kotoran yang menumpuk pada aquarium, Teman SDI dapat menggunakan wave maker yang dapat membantu mendorong menuju pompa aquarium. Sehingga kerja pompa aquarium dapat lebih maksimal dan kualitas air aquarium kamu bisa lebih terjaga.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai fungsi dan manfaat wave maker aquarium yang wajib kamu ketahui jika sedang memelihara ikan hias predator. Pastikan selalu menyediakan produk perlengkapan pendukung yang dibutuhkan ikan hias kesayangan agar dapat hidup lebih lama.

Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun YouTube @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : 
Leave a comment