šŸŸCARA MUDAH MUTASI WARNA IKAN CHANNA? SIMAK JAWABANNYA DISINI

Halo Teman SDI !

ikan channa ternyata masih banyak digemari hingga saaat ini, mulai dari kalangan anak muda sampai orang tua. Tahukah Teman SDI? Ikan channa yang kalian pelihara bisa mutasi warna secara cepat, jika dipelihara dengan baik dalam aquarium. oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar mutasi warna ikan channa berjalan dengan mudah.

Ada 2 ikan channa yang banyak diincar oleh para penggemar ikan hias, yaitu ikan Channa Maru Yellow Sentarum dan Channa Maru Red Barito. Kira-kira apa ya perbedaannya?

TENTANG CHANNA MARULIODES

Ikan channa yang satu iniĀ merupakan salah satu ikan channa asal Indonesia yang paling terkenal dikalangan jenis ikan channa lainnya. Spesies yang satu ini memiliki harga yang cukup mahal karena kualitasnya yang sangat bagus dan coak pada bagian tubuhnya menawan. Pada habitatnya, ikan channa marulioides ini bisa bertumbuh hingga lebih dari 80 cm.

MUTASI IKAN CHANNA
Image: Flickr.com

Corak tubuhnya seperti dilukis dengan tinta hitam dan membentuk garis-garis tersebut yang menjadi menarik semua para pecinta ikan hias hingga harganya juga bisa sampai jutaan rupiah. bukan hanya pada tubuhnya saja, tetapi pada bagian siripnya pun terdapat titik-titik berwarna putih yang melengkapi keindahan dari motif ikan channa marulioides ini.

Ikan channa maruliodes sendiri menjadi salah satu jenis ikan channa dengan penjualan yang sangat tinggi, dimana ikan ini memiliki ciri khas dari motif garis pada tubuhnya yang berbeda-beda, bunga, serta ikan ini memiliki beberapa warna berbeda dari asal sungai yang berada di pulau Kalimantan dan pulau Sumatera.

Ikan Channa Marulioides yang paling terkenal yaitu yellow sentarum, memiliki warna kuning yang khas, nama sentarum sendiri berasal dari Sungai Sentarum dan seperti ikan Channa Marulioides Red Barito ini yang memiliki warna merah, namanya juga diambil dari sungai asalnya yaitu sungai Barito

PERBEDAAN CHANNA MARU YELLOW SENTARUM DENGAN CHANNA MARU RED BARITO

CHANNA MARU YELLOW SENTARUM CHANNA MARU RED BARITO
Identik dengan warna kuning yang pekat Memiliki warna merah merona
Corak berwarna silver yang ada pada tubuhnya terlihat seperti angka 9 Corak pada tubuhnya seperti garis bar pada anak panah
BerasalĀ dari perairan Sumatera dan Kalimantan

 

Berasal dari Danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalimantan Barat
Harga cukup terjangkau mulai Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per ekor Harga relatif tinggi sekitar Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per ekor

 

Setelah mengetahui perbedaan antara ikan Channa Yellow Sentarum dengan Channa Red Barito, pasti Teman SDI penasaran kan seperti apa sih cara mutasi warna ikan channa dengan mudah?

Berikut ini kita akan berbagi tips atau cara mudah mutasi warna ikan channa, yuk disimak dengan baik!

CARA MUDAH MUTASI WARNA IKAN CHANNA

  1. Setting Aquarium

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh Teman SDI adalah dengan mengatur atau mendekorasi aquarium ikan channa percis seperti habitat aslinya. Agar si ikan channa beradaptasi dengan mudah, tanpa harus menunggu waktu yang lebih lama lagi. Mengatur dekorasi aquarium seperti habitatnya tersebut dapat membuat Channa Yellow Sentarum maupun Channa Red Barito merasa nyaman dan tidak mudah stres hidup dilingkungan yang baru.

Usahakan dekorasi pada aquarium dengan maksimal, supaya ikan channa lebih mudah mutasi warnanya bahkan hasil yang muncul akan lebih terang. Teman SDI juga dapat menambahkan substrat berupa pasir malang, yang berfungsi untuk menambah nilai estetika dan mengontrol kualitas air dalam aquarium lebih baik. Hindari untuk menggunakan pasir yang berwarna hitam atau gelap, karena sangat berpengaruh pada proses mutase warna ikan channa tersebut.

  1. Background Aquarium

Hal yang perlu dilakukan oleh Teman SDI selanjutnya yaitu menggunakan background warna putih. Kenapa harus berwarna putih? Karena para pecinta ikan hias biasanya menggunakan background warna putih memiliki warna dasar yang terang dan untuk memancing ikan channa tersebut lebih cepat mutasi warnanya.

Jadi akan lebih mudah untuk Teman SDI melihat perkembangan mutasi warna ikan channa kesayangan yang kalian pelihara tersebut. Selain bagus untuk pertumbuhan ikan channa, menggunakan background berwarna putih juga membuat pertumbuhan ikan channa mudah dipantau. Teman SDI bisa menggunakan background warna lain yang terang, dan hindari warna-warna background yang gelap yaa..!

  1. Mengatur Sistem Pencahayaan

Dalam aquarium pastinya Teman SDI membutuhkan pencahayaan atau lampu aquarium yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada ikan hias yang kalian pelihara dirumah, dan bahkan untuk memciptakan keindahan dan memperlihatkan kecantikan warna pada ikan hias Teman SDI.

Sadar atau tidak, ternyata mengatur sistem pencahayaan berpengaruh bagi si ikan channa loh! Karena sel melanosit yang merupakan pembentuk pigmen warna sisik ikan akan bekerja menjadi lebih baik, apabila mendapat rangsangan cahaya. Tetapi disatu sisi, memang ikan channa salah satu ikan yang sensitive pada cahaya dan biasanya bersembunyi dibebatuan yang ada dalam aquarium untuk menghindari silaunya matahari.

Jadi atur sistem pencahayaan pada aquariumnya, tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup serta usahakan agar lampu yang Teman SDI gunakan untuk ikan channa itu tidak dinyalakan selama 24 jam, supaya ikan channa tidak stress dan juga lampunya akan tahan lama. Jadi saran dari kita matikan lampu pada saat malam hari.

  1. Berikan Pakan Penumbuh Warna

Teman SDI dapat memberikan pakan udang untuk ikan channa yang kalian pelihara. Karena pakan yang bervariatif seperti udang ini ternyata mempunyai kandungan gizi yang dipercaya mampu membuat warna pada ikan channa lebih terang dan semakin cantik.

Maka dari itu, memberikan pakan pada ikan channa adalah pilihan terbaik dan mempercepat proses mutasi warna yang dihasilkan full bunga pada tubuhnya. Selain makanan udang, Teman SDI dapat memberikan pakan berupa kelabang, karena termasuk jenis makanan favorit bagi ikan hias terutama ikan channa. Jenis pakan kelabang ini juga mampu mempercepat tumbuhnya warna pada ikan channa.

  1. Daun Ketapang

Karena kualitas air dalam aquarium harus terjaga dengan baik, maka Teman SDI dapat menggunakan daun ketapang agar air dalam aquarium sehat dan bahkan berguna untuk menurunkan pH air. Bukan hanya itu, daun ketapang juga mampu meningkatkan warna ikan channa dan memancing tumbuhnya corak ikan channa seperti bunga ditubuhnya Channa Yellow Sentarum maupun Channa Red Barito.

  1. Perbanyak Interaksi

Seperti halnya manusia, ikan yang dijadikan sebagai peliharaan juga membutuhkan interaksi dengan kita. Usahakan setiap hari Teman SDI mengajak ikan channa berinteraksi, mulai dari melatih mentalnya agar banyak bergerak dalam aquarium.

Karena semakin aktif ikan channa yang Teman SDI pelihara, maka akan mempermudah dan mempercepat mutasi warna ikan channa tersebut. Selain itu juga, untuk menghindari ikan channa stress dan tumbuh dengan sehat. Karena jika ikan channa stress, maka akan menghambat mutasi ikan channa tersebut.

Demikianlah artikel tentang cara mudah mutasi ikan channa. Jika Teman SDI ingin mengetahui cara merawat ikan channa, kalian dapat mengunjungi artikel PANDUAN MERAWAT SEMUA JENIS IKAN CHANNA BAGI PEMULA yang akan kita bahas sampai tuntas dan jelas, atau ingin mengetahui jenis ikan channa yang populer dan diminati oleh para pecinta ikan hias? langsung saja klik disini yaa.

Kalian juga dapat kunjungi website kita diĀ suryadutainternasional.comĀ dan follow akun TikTokĀ @suryadutainternasionalĀ agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Semoga bermanfaatā€¦!!

SDI? ā€œBecause Life is Better Underwaterā€

- Website SDI : suryadutainternasional.com 
- Youtube : Surya Duta internasional 
- Shopee : sdi.official 
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official
- Cover Image : Flickr.com

 

Leave a comment