🐟 MENGENAL STURGEON FISH, IKAN PENGHASIL CAVIAR YANG TERANCAM PUNAH

Pernahkah kamu mendengar apa itu caviar? Sebagian dari kamu mungkin tidak merasa asing setelah mendengarnya. Caviar merupakan makanan yang berasal dari telur ikan yang diproses dengan cara digarami, biasanya caviar dihargai senilai 70100 USD tiap 30 gramnya. Namun, tahukah kamu berasal dari ikan apakah caviar ini? Mereka disebut sebagai sturgeon fish, penghasil telur termahal di dunia.

sturgeon fish
images: flickr.com

Sturgeon fish merupakan ikan jenis perairan air tawar yang dikenal juga sebagai ikan penghasil caviar berasal dari perairan Eropa dan Amerika Utara, beberapa di antara sturgeon fish juga ada yang berasal dari pesisir sungai Kanada hingga Florida.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai sturgeon fish. Jadi pastikan kamu mengikutinya hingga akhir ya.

ASAL USUL STURGEON FISH

Sama seperti ikan air tawar lainnya, sturgeon fish juga memiliki asal usulnya. Untuk mengenal sturgeon fish lebih dalam, maka kita perlu mempelajari asal usul ikan penghasil caviar ini.

sturgeon fish
images: flickr.com

Sturgeon fish merupakan ikan yang hidup di perairan air tawar. Diketahui, keberadaan sturgeon fish sudah muncul sejak lebih dari 250 juta tahun yang lalu. Bahkan beberapa ilmuwan mengatakan bahwa sturgeon fish sempat hidup berdampingan dengan dinosaurus.

Termasuk sebagai salah satu ikan primitif, ditemukan bahwa sturgeon fish jenis jantan mempunyai masa hidup sekitar 55 tahun. Sementara sturgeon fish jenis betina mempunyai masa hidup sekitar 80 hingga 150 tahun. Beberapa sumber lain menyebutkan, masa hidup rata-rata sturgeon fish berlangsung selama kurang lebih 100 tahun.

Banyak sturgeon fish ditemukan di sungai-sungai bagian Ukraina hingga Rusia. Sturgeon fish biasanya hidup di tempat dengan iklim sedang ataupun subtropis.

Selanjutnya, ketika beranjak dewasa sturgeon fish akan menjadi puncak pada rantai makanan. Tetapi, meskipun tubuhnya besar dan terlihat menyeramkan, nyatanya sturgeon fish bukanlah jenis ikan predator. Makanan sturgeon fish biasanya berupa ikan-ikan kecil, larva, serangga, krustasea, kerang, beserta udang-udang kecil di pinggiran sungai.

Bahkan sturgeon fish ini diketahui mampu tidak makan selama berminggu-minggu loh, Teman SDI.

KLASIFIKASI IKAN STURGEON

Berikut ini klasifikasi ikan sturgeon, antara lain :

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Ordo : Acipenseriformes
Famili : Acipenseridae
Genus
  • Proscaphirhynchus (Punah)
  • Engdahlichthys (Punah)
  • Engdahlichthys (Punah)
  • Anchiacipenser (Punah)
  • Priscosturion (Punah)
  • Acipenser (Parafiletik)
  • Huso
  • Scaphirhynchus
  • Pseudoscaphirhynchus

ANATOMI STURGEON FISH

sturgeon fish
images: commons.wikimedia.org

Sturgeon fish mempunyai bentuk tubuh memanjang seperti torpedo dengan kepala lonjong dan mulutnya meruncing.  memiliki warna tubuh keabu-abuan yang solid dengan perpaduan hitam dan putih pada bagian tertentu di tubuhnya. Penampilan sturgeon fish memang terbilang sangat unik, adanya lima baris lempeng memanjang yang melapisi seluruh tubuhnya membuat sturgeon fish terlihat sangat kokoh dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya.

Karena bentuk sturgeon fish cukup menyeramkan, tidak sedikit orang yang mengira bahwa sturgeon fish berkerabat dengan ikan hiu, karena ekor antara sturgeon dengan ikan hiu cukup familiar, pada nyatanya kedua ikan ini tidak mempunyai hubungan kekerabatan.

Salah satu spesies sturgeon fish, yaitu sturgeon beluga menjadi salah satu ikan air tawar terbesar yang ada di dunia. Pada umumnya, sturgeon fish dapat tumbuh dengan berat 227 kilogram dan mempunyai panjang tubuh hingga mencapai lebih dari 3 meter.

Pernah suatu hari ditemukan sturgeon fish yang berukuran mencapai 7,2 meter dengan berat tubuh hingga 1,5 ton. Kasus langka penemuan sturgeon fish dengan ukuran tidak biasa ini tercatat dalam sejarah dan terjadi pada tahun 1824 di Sungai Volga, Rusia.

REPRODUKSI STURGEON FISH

Dapat hidup selama puluhan hingga ratusan tahun lamanya, membuat masa reproduksi sturgeon fish juga cenderung lambat jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar yang lain.

Usia reproduksi sturgeon fish biasanya akan dimulai ketika mereka mencapai usia sekitar 30 tahun, dan biasanya siklus reproduksi sturgeon juga tidak terjadi setiap tahunnya. Sturgeon fish punya siklus reproduksi yang lambat juga, biasanya mereka akan bertelur selama 3 tahun sekali.

Ketika memasuki siklus reproduksi, sturgeon fish cenderung hidup dan tinggal pada kedalaman 5 hingga 6 meter di bawah permukaan air. Selain itu, berapa banyak telur yang dihasilkan stugeron fish juga biasanya tergantung dari ukuran tubuh sturgeon fish itu sendiri.

Biasanya semakin besar ukuran tubuh seekor sturgeon fish, maka kemungkinan reproduksinya akan semakin bagus. Misalnya, ada sturgeon fish jenis betina yang mempunyai ukuran besar, kemungkinan telur yang dihasilkan akan semakin banyak.

STATUS KONSERVASI STURGEON FISH

Beberapa bagian yang terdapat pada sturgeon fish seperti daging, telur, dan kantung renang sangat bernilai dan berharga. Daging ikan ini dijual segar, diasinkan, bahkan hingga dimasak dengan cara diasapi. Telurnya juga akan diolah menjadi caviar dan dijual dengan harga yang terbilang cukup mahal, sehingga kaviar hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang tertentu saja. Kemudian membran bagian dalam kantung renang pada sturgeon fish juga sangat berguna untuk keperluan industri.

Dari hal tersebutlah, sturgeon fish mempunyai permintaan yang sangat besar, sehingga penangkapan liar dan penangkapan yang dilakukan secara berlebihan seringkali terjadi. Ini menyebabkan populasi sturgeon fish semakin berkurang setiap tahunnya.

Sehingga sturgeon fish dikategorikan sebagai salah satu ikan yang terancam punah oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources), tepatnya pada tahun 2006. Karena hingga sekarang ini masih banyak yang menangkap sturgeon fish secara liar dan besar-besaran.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai sturgeon fish. Semoga artikel ini dapat membantumu lebih mengenal dan memahami betapa pentingnya menjaga kelestarian sturgeon fish.

Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : commons.wikimedia.org
Leave a comment