10 FAKTA STURGEON FISH, SI PENGHASIL CAVIAR

Halo Teman SDI!

Setelah mengenal sekilas mengenai sturgeom fish, alangkah baiknya Teman SDI mengetahui beberapa fakta ikan sturgeon yang wajib diketahui oleh Teman SDI.

fakta sturgeon fish
images : commons.wikimedia.org

Sturgeon fish merupakan jenis ikan perairan tawar yang dikenal juga sebagai ikan penghasil kaviar yang berasal dari perairan Eropa dan Amerika Utara , beberapa di antara sturgeon fish juga ada yang berasal dari pesisir sungai Kanada hingga Florida .

Ketahuilah, keberadaan sturgeom fish sudah muncul sejak lebih dari 250 juta tahun yang lalu . Bahkan beberapa ilmuwan mengatakan bahwa ikan sturgeon sempat hidup berdampingan dengan dinosaurus. Kira-kira apa lagi ya fakta sturgeon fish yang bisa kita kulik?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas fakta sturgeon fish, yuk simak di bawah ini :

10 FAKTA STURGEON FISH YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Beberapa fakta sturgeon fish, berikut pembahasannya di bawah ini :

  1. Sturgeon fish Punya Ekor Mirip Hiu

Fakta sturgeon fish yang pertama yaitu masih termasuk ke dalam bagian famili Acipenseridae . Ikan sturgeon  termasuk ke dalam kelas Actinopterygii , yaitu salah satu varietas ikan bertulang tertua yang ditemukan. Seringkali sturgeon fish dikenal sebagai salah satu ikan purba.

Bentuknya sangat mirip dengan hiu, sturgeon fish memiliki tubuh memanjang seperti torpedo, kulitnya halus tanpa ada sisik yang dilapisi lima baris plat horizontal. Ekor dan siripnya yang mirip hiu membuat banyak orang kebingungan lalu mengira bahwa sturgeon fish berkerabat dengan hiu. Padahal kedua ikan ini tidak saling berkerabat ya.

Inilah fakta sturgeon fish yang wajib kamu ketahui kebenarannya.

  1. Sturgeon fish Hidup di Iklim Subtropis

Fakta sturgeon fish selanjutnya yaitu berkaitan dengan habitat ikan ini. Sturgeon fish seringkali ditemukan di Sungai Ukraina dan Rusia Selatan. Sebagian besar sturgeon fish besar ditemukan hidup di perairan air tawar yang merupakan habitat asli sturgeon fish.

Tetapi, ada fakta sturgeon fish lain yang cukup menarik. Beberapa jenis sturgeon fish menjelajah ke laut dan tinggal di dekat garis pantai. Populasi ikan ini biasanya ditemukan di danau, sungai, dan garis Pantai Amerika Utara yang beriklim sedang seperti subtropis.

  1. Sturgeon fish Punya Usia yang Panjang

Fakta sturgeon fish berikutnya yaitu ikan yang satu ini memiliki usia yang terbilang sangat lama dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Tetapi masa hidup antara jenis ikan sturgeon jantan dengan sturgeon fish betina mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

Berbeda dengan sturgeon fish jantan yang mampu bertahan hidup sekitar 55 tahun, sturgeon fish betina mampu hidup antara kisaran 80-150 tahun. Bahkan masa hidup mereka mampu melampaui rata-rata usia manusia, maka tidak mengherankan jika sturgeon fish sering disebut sebagai ikan purba. Menurutmu bagaimana? Bukankah fakta sturgeon fish ini cukup menarik?

  1. Sturgeon Fish Lambat Bereproduksi

Apakah Teman setia SDI mengira bahwa sturgeon fish mudah melakukan reproduksi? Meskipun dikenal sebagai ikan penghasial kaviar, sturgeon fish termasuk dalam jenis ikan yang lambat dalam mencapai kematangan seksual.

Fakta sturgeon fish kali ini bisa sekaligus menjelaskan mengapa telur kaviar yang dihasilkan ikan sturgeon sangat berharga, karena beberapa jenis sturgeon fish betina baru mencapai kematangan seksual di usia 30 tahun, dan mereka baru mulai memproduksi telur pada usia tersebut di alam pembohong.

Reproduksi sturgeon fish tidak terjadi setiap tahun, interval rata-rata antara pemijahan adalah sekitar 3 tahun sekali. Wah, cukup lambat ya? Tidak heran mengapa telur-telur ikan sturgeon sangat mahal. Biasanya sturgeon fish dikuburkan pada kedalaman 5 sampai 6 meter.

  1. Sturgeon fish Terancam Punah

Fakta sturgeon fish selanjutnya cukup menyusut. Beberapa bagian yang terdapat pada ikan sturgeon seperti daging, telur, dan kantung renang sangat berharga dan berharga. Daging ikan ini dijual segar, diasinkan, bahkan hingga dimasak dengan cara diasapi. Telurnya juga akan diolah menjadi kaviar dan dijual dengan harga yang terbilang cukup mahal, sehingga kaviar hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang tertentu saja. Kemudian membran bagian dalam kantung renang pada sturgeon fish juga sangat berguna untuk keperluan industri.

Dari hal tersebutlah, sturgeon fish mempunyai permintaan yang sangat besar, sehingga penangkapan ikan liar dan penangkapan yang dilakukan secara berlebihan seringkali terjadi. Hal ini menyebabkan populasi sturgeon fish semakin berkurang setiap tahunnya. Tentunya faktanya sturgeon fish kali ini terdengar menyayat hati.

Di antaranya ada sturgeon fish cina yang paling berisiko punah dengan populasi sturgeon fish yang mengalami penurunan hampir 98% antara tahun 1973 dan 2010. Hal ini disebabkan, karena ikan sturgeon ditangkap secara berlebihan untuk diambil daging, kantung renang, dan yang paling bernilai tentu saja telurnya yang dijual sebagai kaviar.

Status konservasi serta populasi keberadaan sturgeon fish yang semakin sedikit ini menjadi fakta sturgeon fish yang tenggelam, sekaligus membuat kita sadar bahwa seharusnya kita tidak melakukan penangkapan secara berlebihan dan bisa melestarikan agar sturgeon fish tidak punah.

  1. Ukuran Sturgeon Fish Melebihi Manusia

Pada umumnya sturgeon fish adalah jenis ikan yang tumbuh memanjang dengan pertumbuhan dan tingkat pemasakan seksual yang lambat. Fakta sturgeon fish berikutnya yaitu, ikan air tawar ini bisa tumbuh panjang hingga mencapai 3 meter, dan beratnya bisa mencapai 227 kilogram.

Sejarah pernah mencatat rekor penangkapan sturgeon fish terbesar yang terjadi pada tahun 1824 di salah satu habitatnya, Sungai Volga, Rusia. Dengan erat 1,5 ton dan panjang 7,2 meter. Wah, wajar saja ya fakta sturgeon fish kali ini menjadikan sturgeon fish sebagai salah satu ikan air tawar terbesar yang pernah ada.

  1. Sturgeon fish Pemakan yang Lambat

Fakta sturgeon fish selanjutnya yaitu, meskipun memiliki tubuh yang besar tetapi ikan sturgeon adalah pemakan yang lambat dan secara mengejutkan ikan ini dapat bertahan selama beberapa minggu tanpa makanan.

Ketika sturgeon fish dewasa akan menjadi puncak pada rantai makanan. Tetapi meskipun tubuhnya besar dan terlihat menyeramkan, sebenarnya sturgeon fish bukanlah jenis ikan predator. Makanan sturgeon fish biasanya berupa ikan-ikan kecil, larva, serangga, krustasea, kerang, serta udang-udang kecil di tepi sungai.

Berdasarkan fakta sturgeon fish kali ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa meskipun tampa menyeramkan, sebenarnya ikan ini baik hati dan tidak termasuk sebagai ikan predator.

  1. Populasi Sturgeon Fish

Fakta sturgeon fish selanjutnya masih ada hubungannya dengan status konservasi ikan ini. Pada habitat aslinya, sturgeon fish telah menurun hingga 40x lipat dalam 15 tahun terakhir.

Di Laut Kaspia jumlah sturgeon fish sendiri telah menurun dari 200 juta pada tahun 2000 menjadi hanya 60 juta pada tahun 2008.

  1. Budidaya Sturgeon Fish

Fakta Sturgeon fish selanjutnya yaitu mulai adanya negara yang melakukan budidaya ikan sturgeon. Karena populasi sturgeon fish sudah terancam punah dan semakin langka untuk menemukan keberadaan ikan ini, banyak negara-negara berlomba untuk mulai melakukan budidaya sturgeon fish. Beberapa negara di antaranya seperti Rusia, Amerika, Azerbaijan, Thailand, Iran, dan sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kepunahan sturgeon fish, dan bertujuan agar pasokan telur sturgeon fish tetap ada, sehingga bisnis kaviar tetap berjalan. Fakta sturgeon fish ini menjadi solusi untuk mencegah adanya kepunahan ikan sturgeon.

  1. Sturgeon Fish Bisa Dimakan

Dikenal sebagai ikan penghasil kaviar, pernahkah kamu bertanya-tanya apakah sturgeon fish bisa dimakan? Yuk kita bahas fakta sturgeon fish yang terakhir ini. Sturgeon fish yang ditemukan di air tawa sangat diminati di seluruh dunia, karena daging, kantung renang, dan telurnya.

Banyak orang menggunakan kantung kemih untuk membuat bentuk murni agar-agar untuk keperluan industri telur. Lalu telur sturgeon fish yang tidak dibuahi itu akan dikeluarkan dari betina yang matang untuk diproses menjadi kaviar.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai fakta ikan sturgeon. Semoga artikel ini dapat menarik lebih banyak tentang ikan sturgeon. Jangan lupa untuk selalu menyediakan perlengkapan akuarium berkualitas untuk ikan hias yang kamu pelihara. Sampai ditemukan di artikel berikutnya.

Kalian juga dapat mengunjungi website kami di  suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar akuarium.   

- Website SDI : suryadutainternasional.com
 
- Instagram : suryadutainternasional
 
- Facebook: suryadutainternasional.official
 
- Youtube : Surya Duta internasional
 
- Shopee : sdi.official
 
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official
 
- Gambar Sampul : commons.wikimedia.org
Leave a comment