PUTARAN WAVE MAKER AQUARIUM TERBALIK? SANTUY, SOLUSINYA ADA DISINI

Halo Teman SDI!

Untuk para penghobi ikan hias, terutama para penghobi ikan predator pastilah sudah tidak asing lagi dengan apa itu wave maker aquarium. Putaran wave maker aquarium mempunyai fungsi dan manfaat yang luar biasa, baik untuk aquarium maupun ikan beserta ekosistem di dalamnya.

Putaran wave maker aquarium akan menghasilkan arus atau gelombang yang berfungsi untuk mendorong kotoran menuju pompa aquarium, meniru kondisi ekosistem asli si ikan, dan sebagainya.

Sayangnya sama seperti benda lain, jika tidak bersihkan secara rutin atau wave maker aquarium tidak dirawat dengan baik, maka akan terjadi penumpukan kotoran yang bisa menimbulkan kendala seperti putaran wave maker aquarium tidak lagi bekerja, ataupun sebagainya.

Ketika putaran wave maker aquarium terbalik terjadi apakah ada suatu cara untuk mengatasi ini? Ataukah kita harus menggantinya dengan wave maker aquarium yang baru?

Tenang saja, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki putaran wave maker  terbalik, sehingga putaran wave maker aquarium bisa bekerja sesuai fungsinya dan Teman SDI tidak perlu kerepotan atau mengeluarkan budget lagi untuk membeli wave maker aquarium yang baru. Yuk, kita bahas.

APA YANG DI MAKSUD PUTARAN WAVE MAKER AQUARIUM TERBALIK?

Putaran wave maker aquarium terbalik merupakan suatu kondisi di mana arus atau ombak yang dihasilkan oleh wave maker terdorong ke arah dalam. Putaran wave maker yang normal biasanya akan menyemburkan arus atau ombak menuju depan air, sehingga ombak-ombak tersebut bisa membantu mendorong kotoran menuju pompa aquarium.

Berbeda dengan arus atau ombak yang hasilkan dari putaran wave maker yang terbalik. Tidak seperti putaran wave maker yang normal, arus yang diciptakan putaran wave maker aquarium yang terbalik justru akan terdorong ke belakang wave maker, sehingga fungsi dan manfaat wave maker aquarium tidak lagi berjalan.

Hal ini seringkali dialami oleh banyak penghobi ikan hias maupun ikan predator, maka kita akan membahas apa yang menyebabkan putaran wave maker aquarium terbalik dan bagaimana cara mengatasinya.

PENYEBAB UMUM PUTARAN WAVE MAKER AQUARIUM TERBALIK

Setiap masalah yang terjadi, pastilah mempunyai penyebabnya. Sama ketika putaran wave maker terbalik, dan inilah beberapa penyebabnya, berikut pembahasannya :

  1. Jarang Dibersihkan

Penyebab utama yang menyebabkan putaran wave maker aquarium terbalik yaitu kurangnya maintenance terhadap wave maker tersebut. Karena sebagus apapun kualitas suatu barang, jika sebagai pemilik kita tidak merawatnya maka barang tersebut akan rusak lebih cepat dari yang diestimasikan.

Jika wave maker aquarium yang Teman SDI punya jarang dibersihkan, maka wajar saja jika putarannya tidak berfungsi. Kotoran yang ada pada aquarium atau kolam, lama-kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan putaran wave maker terbalik atau tersendat, karena terhalang oleh kotoran.

  1. Sudah Harus Diganti

Penyebab selanjutnya yaitu wave maker aquarium yang kamu miliki bisa jadi sudah terlalu lama dipakai, sehingga putaran wave maker terbalik bisa terjadi. Jika memang kamu sudah rajin membersihkannya secara rutin, tetapi kondisi seperti ini tetap terjadi maka segeralah ganti wave maker aquarium yang kamu miliki dengan yang baru.

Karena jika putarannya terbalik disebabkan oleh habisnya masa pakai suatu barang, tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain menggantinya dengan wave maker aquarium yang baru.

  1. Kurang Berkualitas

Baru beli wave maker aquarium, tapi kondisi seperti ini langsung terjadi? Bisa jadi wave maker yang Teman SDI beli tidak berkualitas atau barangkali kamu tergiur harga yang murah atau membelinya dengan harga yang tidak wajar, maka tidak mengejutkan jika putaran wave maker terbalik.

Usahakan Teman setia SDI selalu membeli perlengkapan aquarium yang berkualitas untuk ikan kesayangan di rumah, apalagi jika kamu mempunyai bisnis ikan hias maka itu akan lebih wajib lagi agar ikan bisa terawat dan tidak mudah sakit. Sama seperti halnya ketika memilih wave maker, Teman SDI tidak boleh memilihnya secara sembarangan.

Pastikan wave maker yang dipilih berkualitas tinggi, sehingga kasus putaran wave maker terbalik tidak terjadi.

wave maker aquarium

CARA MUDAH MENGATASI PUTARAN WAVE MAKER AQUARIUM TERBALIK

Ini dia beberapa cara ampuh yang bisa menjadi solusi apabila terjadi kasus putaran wave maker terbalik, berikut pembahasannya :

  1. Mengecek Kondisi Wave Maker Aquarium

Hal pertama yang harus dilakukan untuk  mengatasi putaran wave maker terbalik, tentu dengan melakukan pengecekan terhadap wave maker tersebut. Lalu hal apa saja yang harus diperhatikan saat memeriksanya?

Periksalah bagian baling-baling. Jika baling-baling sudah aus atau terkikis, maka wajar saja jika putaran wave maker terbalik. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Angkat wave maker dari permukaan air, kemudian bersihkan jika ada kotoran yang menumpuk, setelah itu taruhlah wave maker kembali dengan posisi jangan menenggelamkan wave maker sepenuhnya.

Biarkan bagian belakang wave maker sedikit condong di atas permukaan air, kemudian gunakan kayu atau besi untuk mengganjal agar arus terdorong ke depan. Caranya mudah, cukup masukan kayu atau besi kecil ke baling-baling wave maker hingga arus wave maker terdorong ke depan.

  1. Membersihkan Wave Maker Aquarium

Salah satu musuh terbesar bagi para penghobi ikan hias yaitu rasa malas. Setiap perlengkapan aquarium pastilah membutuhkan maintenance atau suatu proses pemeliharaan rutin dalam menjaga barang tersebut agar tidak mudah rusak dan bisa lebih awet. Sayangnya, rasa malas seringkali menghalangi para penghobi ikan untuk memeriksa atau merawat perlengkapan aquariumnya.

Sama seperti wave maker, jika tidak dirawat atau dibersihkan maka putaran wave maker terbalik tidak dapat dicegah lagi, karena kotoran yang menumpuk dapat menghalangi baling-baling untuk berputar dengan benar. Lalu apa yang harus dilakukan?

Bukalah komponen wave makermu dengan hati-hati, kemudian segera bersihkan dengan kain menggunakan air bersih yang mengalir. Hindari penggunaan sabun, karena dikhawatirkan akan meninggalkan residu yang berbahaya bagi ikan. Kemudian pasang kembali wave maker dan perhatikan apakah wave maker sudah kembali bekerja.

Jika sudah melakukan pemeriksaan dan membersihkan, tetapi putaran wave maker terbalik masih belum bisa diatasi. Maka kamu bisa menggantinya dengan wave maker yang baru, karena bisa jadi masa pakai wave maker tersebut sudah habis sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Pastikan untuk selalu melakukan maintenance atau pemeliharaan secara rutin agar kasus putaran wave maker tidak terjadi, dan ikan hias atau predator yang kamu miliki bisa tetap merasakan manfaat luar biasa dari wave maker ini.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara mengatasi putaran wave maker terbalik. Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : 
Leave a comment