LEBIH DEKAT DENGAN UDANG AMANO, KANG BERSIH – BERSIH AQUARIUM

Halo Teman SDI!

Apakah kamu tahu ternyata ada loh udang yang suka bersih-bersih di aquarium? Mungkin jika diibaratkan, udang yang satu ini sudah seperti cleaning service di dunia aquarium, nih. Wah, terdengar sangat unik ya Teman SDI? dia adalah udang amano.

Udang amano adalah jenis udang air tawar yang paling populer di kalangan pecinta aquarium dan aquascape. Udang amano dikenal sebagai salah satu algae eater paling rakus, seringkali ditemukan para penghobi aquascape ataupun ikan hias menambahkan udang amano ke dalam aquarium miliknya.

Sebelum memutuskan untuk menambahkan udang amano sebagai alga eater pada aquarium, sebaiknya Teman SDI mengenal lebih dekat dengan udang amano. Pada kali ini kita akan mengenal lebih dalam lagi mengenai udang amano, si pemakan alga yang rajin. Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

ASAL USUL UDANG AMANO

udang amano
Images: commons.wikimedia.org

Udang amano berasal dari Taiwan dan Jepang. Udang amano pertama kali ditemukan pada tahun 1994 oleh seorang aquarist bernama Takashi Amano.

Takashi Amano berkata bahwa udang amano dapat memakan alga dalam jumlah besar, sehingga para aquarist lain dapat memanfaatkannya sebagai pembersih aquarium.

Udang amano juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti, Japonica Shrimp, Udang pemakan alga, Caridina Japonica, Udang Rawa, Udang Yamato, Udang Rawa Jepang, dan sebagainya.

Nama ilmiah udang amano adalah Caridina multidentata, udang amano termasuk ke dalam family Atyidae. Udang amano dapat hidup di aquarium jenis apapun, idealnya udang amano dapat hidup di aquarium air tawar dengan banyak tempat untuk bersembunyi dengan air aquarium yang sudah mature.

MENGENAL UDANG AMANO LEBIH DEKAT

Beberapa informasi mengenai udang amano terkait ciri fisik, habitat, dan perawatan udang amano. Berikut pembahasannya di bawah ini :

  1. CIRI FISIK UDANG AMANO

Salah satu fisik yang paling menonjol dari udang amano adalah ukurannya yang jauh lebih besar daripada udang hias biasanya. Dengan perawatan yang tepat, udang amano bisa tumbuh sekitar 2 inci. Hal ini yang menjadikan mereka sebagai udang yang kokoh dan tidak mudah diganggu apalagi dimakan oleh ikan hias lainnya, kecuali ikan agresif seperti ikan koki dan ikan predator.

udang amano
Images: commons.wikimedia.org

Kemudian, udang amano memiliki tubuh berwarna abu transparan, meskipun begitu ada beberapa udang amano dengan kombinasi sedikit kehijauan, cokelat merah, atau cokelat muda. Namun tetap saja warna abu-abu akan mendominasi tubuh udang amano.

Karakteristik fisik udang amano juga bisa dilihat dari titik-titik ataupun garis hitam yang membentang di bagian tengah tubuhnya. Udang amano juga memiliki garis tipis yang lebih tipis di bagian atasnya sepanjang tubuh mereka. Udang amano memiliki mata bulat besar dengan antena cukup panjang.Kaki-kaki udang amano cukup panjang dan jaraknya cukup rapat. Ekornya membentang transparan.

  1. HABITAT UDANG AMANO

Dari habitat asalnya udang amano adalah udang yang berasal dari perairan rawa, percampuran antara air tawar dengan payau. Udang amano biasanya hidup di perairan yang terdapat banyak tanaman dan media untuk merayap seperti tanaman merambat aquascape, kayu, ataupun batu.

Di dalam aquarium udang ini merupakan pemakan alga segala jenis. Mulai dari green hair algae, brown algae, bahkan black beard algae yang biasanya kurang disukai oleh algae eater lainnya. Udang amano akan memakan segala jenis alga, tetapi mereka lebih suka memakan jenis alga panjang dan berambut dibandingkan alga berbentuk datar.

Pastikan untuk memasukan udang amano ke dalam aquarium yang sudah beralga, sehingga mereka bisa bekerja dan menghabisi alga-alga tersebut. Ini juga dapat membantu udang amano beradaptasi dengan cepat dan lebih baik. Peluang udang amano bertahan hidup akan berkurang drastis, jika Teman SDI menambahkan udang amano ke dalam aquarium tanpa alga. Karena alga merupakan sumber makanan utama bagi udang amano.

  1. MAKANAN UDANG AMANO

Selain dikenal sebagai pemakan alga, udang amano juga merupakan jenis pemakan terbaik dalam membersihkan sisa-sisa pakan ikan yang tertinggal di dasar aquarium. Mereka akan mencernanya secara sempurna ke dalam perut mereka yang kecil itu.

Bahkan udang amano dapat memakan bangkai ikan hias yang mati, sehingga udang amano merupakan pembantu aquarium yang sangat luar biasa. Mereka menjaga air aquarium tetap bersih dan mencegah air aquarium agar tidak cepat keruh. Jika kamu sedang menghadapi masalah alga aquarium yang tumbuh secara terus-menerus, maka menambahkan udang amano dapat menjadi keputusan yang bijaksana.

Selain itu, Teman SDI tidak perlu khawatir. Apakah udang amano memakan tumbuhan? Jawabannya tidak. Udang amano tidak akan memakan tumbuhan aquascape milikmu. Udang amano tidak memiliki ketertarikan memakan tumbuhan, kecuali tanaman jenis Alternanthera Reineckii.

  1. MASA HIDUP UDANG AMANO

Berbeda dengan udang hias biasanya yang hanya dapat bertahan hidup 1-2 tahun saja, udang amano memiliki masa hidup yang lebih lama. Berkisar mulai dari 2 tahun – 4 tahun lamanya, dengan catatan udang amano harus dirawat dengan tepat dan sesuai kebutuhannya.

PERAWATAN DAN SYARAT KONDISI AQUARIUM UDANG AMANO

Untungnya, udang amano sangat mudah dirawat dan aman untuk para penghobi pemula. Udang amano biasanya hidup secara berkelompok, mereka senang bersembunyi dan jalan merambat di atas kayu, bebatuan, maupun tanaman merambat.

Udang amano sangat ramah dan tidak akan menjahili ikan hias yang lebih kecil darinya. Sebaliknya, udang amano juga tahan banting, ukurannya yang lebih besar dibandingkan udang jenis lain menjadi keunggulan. Udang amano tidak akan membiarkan ikan lain mengganggu dirinya, kecuali ukuran mulut ikan tersebut dapat memakan udang amano dalam sekali lahap.

Maka, menempatkan udang amano juga harus diperhatikan ikan hias jenis apa saja yang dapat digabung bersama udang pembersih alga ini. Kemudian, udang amano dapat tinggal di aquarium dengan suhu 22’C – 30’C. Mereka dapat bertahan hidup di pH air aquarium berkisar 6-7.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai udang amano. Semoga artikel ini dapat membantumu lebih mengenal dan memahami perilaku udang amano. Kalian juga dapat mengunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : commons.wikimedia.org
Leave a comment