KUPAS TUNTAS JENIS LAMPU TANNING ARWANA, LENGKAP DENGAN PERBEDAANYA

Halo Teman SDI! Akhir-akhir ini ikan arwana menjadi pusat perhatian lagi oleh para penghobi ikan hias. Bagaimana tidak, Karena warnanya yang sangat indah, pasti akan selalu menarik dikalangan para penggemar ikan hias . Mengapa bisa seperti itu ya? Karena ikan arwana menggunakan lampu tanning yang berfungsi untuk mempercantik dan memperindah tampilan warna si ikan pada aquariun yang membuat si ikan memiliki nilai jual yang sangat tingi.

Sama seperti pada manusia, dalam memelihara ikan hias juga harus ada hubungan simbiosis mutualisme. Istilah itu supaya apa yang sudah kita lakukan dengan maksimal dan telaten, maka akan menghasilkan yang baik pula. Misalnya saja menggunakan aksesoris seperti lampu untuk menambah tampilan aquarium Teman SDI lebih cantik.

Pada dasarnya, lampu hias merupakan perlengkapan aquarium yang bersifat opsional atau tidak harus ada. Tetapi, nyatanya dengan menggunakan lampu pada aquarium itu sangat berpengaruh pada pertumbuhan si ikan, apalagi bagi ikan arwana yang sedang melakukan proses tanning. Maka dari itu pada proses tanning ikan, Teman SDI sangat membutuhkan pencahayaan yang maksimal. Salah satunya dengan menggunakan lampu tanning!

APA ITU LAMPU TANNING?

Lampu tanning merupakan sebuah perlengkapan aquarium kategori lampu hias, dan termasuk alat atau metode untuk mengubah warna kulit ikan arwana dari warna asli yang kurang cerah menjadi lebih cerah kemerahan. Karena lampu tanning dipercaya mampu mentanning warna pada si ikan dengan cepat dan intensitas warna yang dihasilkan pun tidak akan mudah turun atau pudar. Hanya menggunakan lampu tanning ini, proses tanning pada ikan arwana akan memanfaatkan cahaya dari lampu tanning tersebut dan terbilang cukup mudah dan tidak terlalu membutuhkan banyak alat.

lampu tanning aquarium

Kata tanning sendiri memiliki arti, yaitu memberikan paparan sinar pada ikan arwana selama beberapa jam per harinya. Sinar dari lampu tersebut harus memiliki sinar ultraviolet (UV) A & B dan juga nilai Kelvin (temperature warna) yang hampir setara dengan nilai Kelvin dari sinar matahari sekitar 6.000K, serta panjang gelombang (wave length) dikisaran nilai 400nm sampai 600nm. Sehingga penanganan yang baik dan teratur dari lampu tanning ini akan membuat sel pigmen dari sisik-sisik arwana akan mengalami proses pigmentasi. Disamping itu juga diperlukan dukungan dari kualitas air yang sehat dan pakan yang tepat diberikan pada saat proses tanning.

JENIS LAMPU TANNING

Lampu tanning terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Soft Tanning dan Hard Tanning. Apa saja perbedaannya yaa? Simak penjelasannya berikut ini!

  • 1. Hard Tanning yaitu salah satu jenis lampu tanning yang berfungsi untuk mematangkan warna dan memunculkan warna yang lebih cerah pada si ikan tersebut. Lampu hard tanning ini bukan hanya untuk ikan arwana saja, tetapi juga untuk membantu mencerahkan warna si ikan seperti ikan predator lainnya. Lampu hard tanning biasanya digunakan untuk ikan-ikan kecil yang berukuran 25 cm, 30 cm, 45 cm.
  • 2. Soft Tanning yaitu salah satu jenis lampu tanning yang berfungsi untuk menjaga warna si ikan agar tidak mudah memudar atau pucat. Biasanya lampu soft tanning ini dipakai untuk jenis ikan yang sudah besar dan dewasa. Dengan menggunakan lampu soft tanning tersebut warna ikan akan tetap terang dan stabil, bahkan terlihat lebih mempesona di dalam aquarium.

 

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, untuk mengetahui lampu tanning yang dipakai bagus atau tidak, Teman SDI bisa melihat pada kaca aquarium si ikan. Jika kaca aquarium kalian berubah atau terdapat lumut yang menempel, berarti lampu tanning yang kalian gunakan itu bagus dan cocok bagi si ikan. Maka dari itu harus dengan rutin memeriksa dan membersihkannya. Tumbuhnya lumut pada aquarium kalian dapat menghambat proses tanning pada si ikan kesayangannya, karena cahaya atau sinar pada lampu tanning tersebut tidak dapat tembus dengan maksimal.

PERBEDAAN LAMPU TANNING T5, T8, DAN LED

Karena banyak model lampu tanning yang dapat membantu warna ikan hias menjadi lebih bagus lagi, kali ini kita berikan informasi singkat tentang lampu tanning yang sering digunakan dan ampuh banget membuat warna ikan arwana Teman SDI semakin mempesona, seperti T5, T11, dan bahkan lampu LED HPL.

1. Lampu Tanning T5

lampu tanning t5

Lampu tanning T5 ini bisa dibilang termasuk kepada bagian soft tanning, yang di mana lampu tanning T5 untuk menjaga dan menstabilkan warna pada si ikan agar tidak mudah terlihat pucat. Pada lampu tanning T5 rata-rata memiliki 5 model warna lampu, diantaranya adalah warna golden. Sebagian para pecinta ikan hias sering menggunakan warna golden atau kuning keemasan, karena warnanya yang hampir mirip seperti warna dari sinar matahari. Teman SDI juga bisa mengganti warna lain pada proses tanning si ikan, agar warna si ikan semakin cerah dan terang.

2. Lampu Tanning T11lampu tanning t11

Lampu tanning T11 ini biasanya digunakan khusus ikan arwana dan berfungsi sebagai lampu tanning sekaligus lampu view. Misalnya, ikan arwana Teman SDI kurang mengeluarkan warna yang bagus, maka bisa dibantu dengan menggunakan lampu tanning T11 ini. Bukan hanya itu, lampu tanning T11 juga dapat membuat warna si ikan menjadi lebih cerah, semakin cantik, serta membantu mengeluarkan warna asli pada si ikan tersebut.

3. Lampu LED HPL atau COBlampu tanning led hpl

Mencari Lampu Tanning dengan harga terjangkau ? Lampu LED HPL juga bisa menjadi referensi Teman SDI dalam proses tanning ikan arwana. Lampu tanning LED sering digunakan oleh para pecinta ikan arwana sebagai pelengkap atau lampu kedua dalam proses tanning ikan arwana. Selain digunakan untuk lampu tanning, lampu ini bisa dipakan untuk melengkapi aquascape Teman SDI supaya terlihat lebih hidup dan natural.

 

PROSES TANNING IKAN ARWANA

Ikan arwana sudah terkenal dikalangan masyarakat yaitu spesies ikan yang dipercaya pembawa keberuntungan. Ikan arwana juga sering dijadikan sebagai ikan hias yang selalu diperlombakan, dengan penilaian mulai dari bentuk dan warna si ikan tersebut. Maka dari itu lampu tanning sangat berpengaruh untuk menumbuhkan atau mengeluarkan warna ikan agar semakin lebih terang dan cerah seperti warna aslinya.

Proses tanning dengan menggunakan lampu tanning yang cocok bagi si ikan, maka warna yang dihasilnya pun akan bagus maksimal dan baik bagi kesehatannya juga. Bentuk dan warna ikan arwana yang sedang melakukan proses tanning, pasti akan berkembang biak dengan baik. Pada proses tanning, para pecinta ikan hias arwana atau para kolektor ikan arwana tidak akan ketinggalan untuk menggunakan lampu tanning.

Karena bisa dibilang pada proses tanning warna tersebut, lampu tanning sangat berperan penting. Selain agar tampilan warna ikan arwana menjadi lebih indah, lampu tanning juga membantu mempercepat munculnya warna ikan arwana. Jika Teman SDI sering mengikuti perlombaan, lampu tanning bisa menjadi solusi kalian untuk mengeluarkan warna ikan arwana dengan kurun waktu yang singkat.

Apalagi jika ikan arwana yang di tanning itu arwana super red, karena warnanya yang sangat cerah dan lebih terlihat elegan di dalam aquarium pada saat di sinari oleh lampu tanning. Hasil warna yang disinari oleh lampu tanning, akan lebih terlihat merah cerah, matanya yang bulat besar, kumis serta sisiknya pun ikut terlihat berkilau, seperti seekor naga yang anggun ketika berenang di dalam aquarium dan membuat orang yang melihatnya juga terpesona. Jadi tidak heran banyak para pecinta ikan hias atau para pemula yang tertarik untuk memeliharanya dan menggunakan lampu tanning sebagai pelengkap yang wajib untuk ikan arwana.

Lampu tanning yang digunakan biasanya dalam satu box terdiri dari 4 buah bohlam dengan panjang 1 sampai 1.20 meter. Karena memiliki banyak warna pada lampu tanning, tetapi biasanya para pembudidaya ikan arwana super red menggunakan lampu tanning panjang berwarna kuning. Karena warna kuning dapat mempercepat proses tanning dan cahaya lampu tanning bisa diajadikan sebagai pengganti sinar matahari yang mempunyai sinar ultraviolet (UV) A dan B.

Ukuran Ikan arwana yang akan di tanning juga tidak sembarangan. Biasanya para pembudidaya atau para penggemar ikan hias memilih berukuran minimal 20 cm dengan warna dasar putih polos atau ikan yang belum mengeluarkan warna aslinya. Sebelum melakukan tanning, biarkan ikan beradaptasi terlebih dahulu dengan aquarium selama kurang lebih dua hari. Kemudian dalam menyalakan lampu tanning juga mesti bertahap ya Teman SDI, karena bertujuan agar ikannya tidak kaget. Jadi tunggu beberapa menit, kemudian nyalakan lampu tanning satu persatu hingga semua lampu tanning menyala.

Pada proses tanning ikan arwana super red, sebaiknya Teman SDI gunakan background aquarium berwarna putih polos, agar tampilan lebih jernih dan si ikan terlihat lebih bersih. Tetapi, semua itu tergantung selera masing-masing, ada juga yang menggunakan warna lain seperti hitam atau biru. Saran kita hindari background yang berwarna hitam saat melakukan tanning karena arwana super red akan terlihat berwarna gelap atau merah gosong, kecuali jika itu memang keinginan si pemiliknya.

Dalam penempatan lampu tanning, sebaiknya diletakan pada satu bagian saja seperti disisi samping aquarium. Lampu tanning biasanya dikaitkan dengan hook yang ditempel langsung ke kaca aquarium. Dan otomatis cahaya dari lampu tanning akan fokus ke ikan arwana tersebut.

Teman SDI tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa pakai lampu tanning yaa..!

Demikianlah artikel tentang lampu tanning hingga proses tanning ikan arwana. Jika Teman SDI ingin mengetahui tips dan informasi lain tentang dunia air, bisa langsung kunjungi blog kita di Surya Duta Internasional yaa!

Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya…!!

SDI?  “Life Is Better Underwater”

- Website SDI : suryadutainternasional.com 
- Youtube : Surya Duta internasional
- Shopee : sdi.official 
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official
- Cover Image : flickr.com
Leave a comment