JANGAN CAMPUR GLOFISH KAMU DENGAN 6 IKAN INI, NO 5 BAHAYA BANGET!

Ikan glofish memang sedang banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Karena memiliki ciri khas yang menarik, pastinya kebanyakan pecinta ikan hias memilih ikan membuat dirinya meras lebih fresh dan tenang, salah satunya ikan glofish.

Budidaya Ikan Glofish
images: flickr.com

Ikan glofish termasuk salah satu ikan hias yang mudah dipelihara, baik itu di dalam aquarium maupun kolam. Ikan glofish cepat mati bisa jadi disebabkan oleh kondisi aquarium atau kolam yang sudah tidak baik.

Kondisi tersebut membuat ikan glofish cepat mati, karena kualitas air yang buruk dan sudah tidak sehat. Ikan glofish cepat mati dapat disebabkan oleh perubahan suhu air yang tidak seimbang, karena air merupakan sumber utama kehidupan bagi setiap ikan.

Jadi, usahakan mengganti air dan membersihkan aquarium dilakukan minimal 2 minggu sekali dengan persentase 15% dari total volume air. Hal tersebut agar menjaga kondisi air tetap sehat dan kasus ikan glofish cepat mati tidak terulang kembali.

Pada saat merawat ikan glofish, tentu saja membutuhkan pakan berkualitas yang memiliki asupan gizi yang cukup untuk menjaga ketahanan tubuhnya, agar meminimalisir kasus ikan glofish cepat mati.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Ada beberapa hal yang perlu Teman SDI perhatikan jika ingin merawat ikan glofish di dalam aquarium, antara lain sebagai berikut :

  1. Merawat Aquarium

Merawat aquarium sudah menjadi kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh para pecinta ikan hias berjenis apapun. karena jika kamu malas dalam merawat aquarium maka siap-siap aquarium kamu tertimpa berbagai macam masalah.

  1. Memilih Pakan Berkualitas

Memberikan pakan yang berkualitas pada saat merawat ikan glofish adalah suatu hal yang harus dan wajib Teman SDI lakukan.Walaupun ikan glofish hasil dari rekayasa genetika, tetapi mereka semua jenis ikan yang membutuhkan makanan setiap waktunya.

Jenis pakan ikan glofish seperti makanan kering dan makanan hidup yang mengandung serat, lemak, kaya akan protein dan nutrisinya tercukupi.

  1. Kualitas Air

Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan glofish adalah menjaga kualitas tetap baik, mulai dari pH air, kadar oksigen, suhu air yang harus seimbang agar ikan glofish tetap sehat.

  1. Lampu Aquarium

Merawat ikan glofish tentunya perlu pencahayaan yang maksimal untuk menjaga kesehatan serta keindahan dari warna-warna ikan glofish tersebut. Cahaya dari sinar matahari ataupun lampu aquarium dapat mempengaruhi pertumbuhan dan reproduksi ikan hias di dalam aquarium.

Setelah mengetahui beberapa hal penting untuk merawat ikan glofish kesayangannya agar tetap hidup sehat di dalam aquarium, ternyata ikan glofish dilarang hidup satu aquarium dengan jenis ikan-ikan hias tertentu.

JENIS-JENIS IKAN HIAS YANG BERBAHAYA BAGI IKAN GLOFISH

Karena ikan glofish termasuk jenis ikan hias yang tenang ketika di dalam aquarium, maka ada beberapa jenis ikan hias yang dilarang satu aquarium dengan ikan glofish loh!

Berikut ini ikan hias yang dapat membahayakan kelangsungan hidup ikan glofish, yaitu :

  1. Ikan Hias Tiger Barp

glofish
images: flickr.com

Jenis ikan hias yang dilarang satu aquarium dengan ikan glofish adalah Ikan Tiger Barp. Jenis ikan hias ini memang berasal dari Sumatera bagian tengah dan selatan. Tetapi sudah merambah hampir ke seluruh dunia mulai dari Singapura, Australia, Amerika Serikat, Kolombia, bahkan hingga Suriname.

Dalam hal pakan, Ikan Hias Tiger Barp ini termasuk ke dalam jenis ikan hias yang dapat memakan apa saja selama menurut mereka hal itu bisa dimakan, akan tetapi dalam pemberian pakan terbaik, Ikan Hias Tiger Barp ini yaitu cacing beku (pelet dalam ukuran kecil). Dengan tampilan warna oren yang menyelimuti tubuh ikan ini serta perpaduan corak hitam tidak beraturan yang mirip layaknya harimau.

Ikan hias Tiger Barp merupakan jenis ikan yang sangat teritorial, sehingga Ikan Hias Tiger Barp bisa saja menghabiskan waktunya untuk mengejar Ikan Glofish.Dan hal itu dapat menyebabkan stres hingga kematian untuk Ikan Glofish. Itulah alasan mengapa Ikan Tiger Fish bukanlah ikan yang bisa digabungkan dengan ikan glofish.

  1. Ikan Hias Ramirezi

glofish
images: commons.wikimedia.org

Ikan hias selanjutnya yang dilarang satu aquarium dengan ikan glofish adalah Ikan Hias Ramirezi. Jenis ikan hias ini berasal dari perairan air tawar di kawasan Amerika Latin.

Sementara untuk jenis pakan yang perlu teman-teman SDI ketahui ini, Ikan Ramirezi juga merupakan jenis ikan hias yang suka memakan apapun, nih. Seperti halnya ganggang, serangga dalam air, hingga invetebrata.Ikan Ramirezi memiliki beberapa ciri khas khusus setiap jenisnya.

Akan tetapi pada umumnya ikan hias ini diselimuti warna putih silver dengan berbagai corak berwarana biru, kuning, hingga kemerahan. Ikan Hias Ramirezi ini tidak direkomendasikan untuk digabungkan bersama ikan Glofish, karena bisa terjadinya persaingan yang sangat tinggi.

  1. Ikan Hias Black Ghost

glofish
images: flickr.com

Jenis ikan hias selanjutnya yang tidak boleh dicampur oleh Ikan glofish ialah Ikan Hias Black Ghost. Ikan hias yangg satu ini berasal dari sungai amazon dan melintang di beberapa negara seperti Bolivia, Peru, dan Brazil.

Dalam jenis pakan, teman-teman SDI perlu menyiapkan pakan alami seperti cacing sutera, cacing darah, bahkan Ikan Hias Black Ghost ini juga kerap kali memakan jentik nyamuk, loh!Ikan Hias Black Ghost memiliki ciri khas khusus dengan warna hitam pekatnya yang memenuhi seluruh bagian tubuhnya, juga dengan tipe tubuh memanjang tipis.

Meskipun dapat beradaptasi dengan mudah, akan tetapi Ikan Hias Black Ghost ini merupakan jenis ikan hias yang sangat jahil, loh teman-teman SDI.Seringkali Ikan hias Black Ghost ini mematuk ikan hias lainnya, termasuk ikan glofish. Sehingga Ikan Hias Black Ghost ini dilarang untuk digabungkan bersama Ikan Glofish karena bisa menyebabkan stres pada Ikan Glofish  ya teman-teman SDI.

  1. Ikan Hias Bucktooth Tetra

glofish
images: flickr.com

Ikan hias selanjutnya yang tidak disarankan dalam satu aquarium yang sama dengan Ikan Glofish ialah Ikan Hias Bucktooth Tetra. Ikan hias ini berasal dari Sungai amazon yang melintang di Benua Amerika.

Ikan yang dikenal sebagai karnivora ini biasanya menyukai pakan seperti udang, sisik ikan, dan pakan lain yang memiliki protein tinggi di dalamnya.Dengan ciri khas warna tubuh yang silver, ditambah sedikit perpaduan warna hijau kekuningan. Dan juga memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil.

Ikan Bucktooth Tetra ini sangat dilarang untuk tinggal bersama Ikan Glofish dikarenakan karakteristik mereka yang agresif, sehingga seringkali disebut sebagai tetra piranha.

JIka ditempatkan bersamaan, bisa saja Ikan Bucktooth Tetra ini merobek sisik Ikan Glofish sehingga ikan tersebut tidak direkomendasikan digabung bersama Ikan Glofish.

  1. Ikan Hias Dwarf Pea Puffer

glofish
Images: commons.wikimedia.org

Ikan hias selanjutnya yang tidak dapat digabungkan dengan ikan glofish yaitu Ikan Hias Dwarf Pea Puffer. Dwarf Puffer adalah jenis ikan hias yang berasal dari sungai di Barat Daya India.

Dalam hal pakan, Dwarf Pea Puffer ini biasanya memakan jenis siput yang masih hidup. Ciri khas khusus yang dimiliki oleh ikan ini ialah tampilan tubuhnya yang seperti bulat menggembung dengan maksimal tinggi 1,4 inch. Ikan Hias Dwarf Pea Puffer memiliki warna kuning gelap dengan corak hitam polkadot di sisi tubuhnya.

Meskipun ikan hias yang satu ini memiliki tampilan yang cukup lucu. Namun, teman-teman SDI jangan sampai tertipu oleh penampilan saja, ya! Dwarf Pea Puffer merupakan ikan hias yang sangat teritorial dan juga terkenal agresif, sehingga ikan hias yang satu ini sangat dilarang apabila ditempatkan dalam satu aquarium yang sama dengan ikan glofish.

  1. Ikan Hias Cichlid

glofish
Images: flickr.com

Jenis ikan terakhir yang dilarang berada di satu aquarium yang sama dengan ikan glofish adalah Ikan HIas Cichlid.  Ikan hias air tawar ini berasal dari sungai ataupun danau di Afrika dan juga Amerika Latin. Dalam hal pakan, Ikan Hias Cichlid ini lebih menyukai pakan berupa daging dari pada tumbuhan. Sebagai contohnya, teman-teman SDI bisa menyiapkan pakan seperti udang dan sebagainya.

Ikan hias ini memiliki beberapa ciri khusus tergantung jenisnya, akan tetapi ikan hias ini memiliki warna tubuh silver kebiru-biruan, dengan sedikit hint warna kuning pada umumnya. Meskipun ukuran ikan hias Cichlid ini kecil, akan tetapi mereka sangat jahil dan suka mematuk ikan hias lainnya. Sehingga Cichlid ini tidak disarankan untuk ditempatkan pada aquarium yang sama dengan ikan glofish.

Jika Teman SDI masih penasaran dengan informasi seputar dunia air lainnya dapat langsung kunjungi website kita di suryadutainternasional.com.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : pexels.com
Leave a comment