AERATOR TIDAK KELUAR GELEMBUNG, INI CARA AMPUH MEMPERBAIKINYA

Halo Teman SDI!

Aerator merupakan salah satu perlengkapan aquarium yang wajib dimiliki ketika memelihara ikan hias pada suatu aquarium maupun kolam. Karena aerator aquarium berfungsi untuk menciptakan gelembung udara, sehingga bisa terjadi adanya pertukaran oksigen dengan karbondioksida yang membuat ikan tetap hidup. Tapi pernahkah kamu mengalami kasus di mana aerator tidak keluar gelembung?

Saat aerator tidak keluar gelembung, pastinya kamu akan mengalami kebingungan. Terutama untuk para penghobi pemula mungkin kamu akan langsung berpikir untuk mengganti aerator tidak keluar gelembung dengan aerator yang baru. Tapi nyatanya, kasus ini sudah banyak terjadi loh!

Kira-kira apa ya yang menyebabkan aerator tidak keluar gelembung dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak pembahasan di bawah ini.

PENYEBAB AERATOR TIDAK KELUAR GELEMBUNG

aerator tidak keluar gelembung

Setiap barang pastilah mempunyai masa pakai, dan sebagai pemilik kita harus memperhatikan kondisi barang yang kita miliki jika tidak ingin mudah rusak. Sama seperti aerator aquarium, jika tidak menjaganya dengan baik pastilah aerator akan lebih mudah rusak bahkan berpotensi aerator tidak keluar gelembung. Berikut beberapa alasan yang menyebabkan aerator tidak keluar gelembung :

  1. Tidak Melakukan Maintenance Rutin

Meskipun hobi memelihara ikan, tetapi terkadang rasa malas seringkali menghampiri saat sudah waktunya untuk melakukan pemeliharaan rutin untuk aquarium beserta perlengkapan pendukungnya. Ini menjadi alasan utama mengapa aerator tidak keluar gelembung.

Sebagus apapun barang jika kita tidak memperhatikan kondisi barang tersebut, maka barang tersebut tetap bisa berpotensi lebih mudah rusak. Sama seperti aerator aquarium yang harus tetap dibersihkan. Setidaknya lakukanlah pemeliharaan rutin minimal 1 bulan sekali agar kasus aerator tidak keluar gelembung tidak terjadi.

  1. Dop Karet Aerator Robek

Masing-masing aerator aquarium memiliki sebuah dop karet yang berada di dalam katup udara mesinnya. Dop karet yang robek seringkali menjadi salah satu penyebab mengapa aerator tidak keluar gelembung.

Ketika suatu aerator aquarium sudah mencapai masa waktu pakai, misal selama 2-5 tahun, maka tidak akan mengherankan jika dop karet tersebut robek dan menyebabkan aerator tidak keluar gelembung.

  1. Aerator Dipenuhi Kotoran Menggumpal

Alasan selanjutnya yang menjadi penyebab aerator tidak keluar gelombang yaitu adanya kotoran yang menggumpal pada katup udara aerator. Poin ketiga ini juga berhubungan dengan poin pertama. Secara logika jika jarang melakukan perawatan rutin, maka kotoran aquarium akan menumpuk dan menghalangi output yang akan keluar.

Sehingga ketika ini terjadi maka aerator tidak keluar gelombang dan dapat mengancam keselamatan ikan peliharaan yang kita punya, karena terjadinya kekurangan oksigen akibat aerator yang rusak.

CARA MENGATASI AERATOR TIDAK KELUAR GELEMBUNG

Setelah mengetahui apa saja penyebab aerator tidak keluar gelembung, tentunya Teman SDI akan semakin waspada lagi untuk ke depannya. Tetapi jika Teman SDI sudah terlanjur mengalami permasalahan tersebut, tidak perlu khawatir. Kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki aerator yang tidak mengeluarkan gelembung itu. Berikut pembahasannya di bawah ini :

  1. Membongkar Komponen Aerator

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi aerator tidak keluar gelembung yaitu dengan membongkar komponen aerator. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk membongkarnya?

Kamu hanya perlu menyiapkan obeng saja untuk melepaskan baut yang menjadi pengencang penutup aerator. Gunakan obeng itu untuk melepas badan aerator secara perlahan, hingga terlihat bagian dalam yang berisi sebuah trafo dan katup udara aerator. Setelah itu barulah kamu dapat memulai memperbaiki aerator tidak keluar gelembung.

Dengan catatan ketika melakukan tahap ini, pastikan semua aliran listrik tidak terhubung pada aerator. Karena dikhawatirkan kamu akan tersetrum kabel aerator yang ada. Lakukan secara hati-hati guna memperbaiki aerator tidak keluar gelembung.

  1. Mengecek Kondisi Katup Udara

Setelah memastikan tidak ada kabel yang terputus, maka langkah selanjutnya yaitu dengan memeriksa katup udara. Apa itu katup udara? Katup udara merupakan tempat pengeluaran output gelembung, jika aerator tidak keluar gelembung maka bisa jadi katup udara tersebut bermasalah.

Lalu bagaimana cara memeriksa katup udara? Sama seperti ketika membuka penutup aerator, kamu hanya perlu melepas baut yang terpasang pada katup udara secara perlahan dan hati-hati. Biasanya katup udara ini berwarna hitam ataupun putih.

Ketika sudah selesai membuka katup udara, barulah kamu bisa mengecek kondisi yang ada di dalam katup udara tersebut dan mulai mencari masalah yang menyebabkan aerator tidak keluar gelembung.

  1. Melakukan Perbaikan Jika Dop Karet Robek

Jika sudah membongkar katup udara, maka kamu akan menemukan dua dop karet berwarna hitam dan putih yang menutupi lubang aerator. Periksa apakah kedua dop karet tersebut ada yang robek atau tidak. Jika kamu menemukan ada kerusakan pada dop karet, ini bisa menjadi alasan mengapa aerator tidak keluar gelembung.

Kamu bisa memperbaiki dop karet tersebut dengan memberikan lem cina pada bagian yang robek, lalu tunggulah beberapa saat hingga lem mengering dan dop karet kembali menyatu seperti semula. Namun jika kondisi dop karet sudah benar-benar robek, kamu bisa mengambil selotif hitam kemudian menempelkannya sesuai ukuran dop karet itu.

Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi aerator tidak keluar gelembung.

  1. Membersihkan Kotoran Pada Aerator

Langkah selanjutnya yaitu dengan membersihkan kotoran yang menumpuk pada lubang output aerator. Meskipun dop karet yang kamu miliki tidak robek, tetapi untuk kasus aerator tidak keluar gelembung tetap terjadi maka bisa saja hal ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk.

Segera bersihkan lubang output pada katup udara menggunakan tisu kering dan air bersih yang mengalir. Bersihkan juga dop karet dan penutup katup udara hingga kotoran tersebut tidak ada yang tertinggal. Lakukan secara hati-hati untuk memperbaiki aerator tidak keluar gelembung.

Saat sudah selesai membersihkannya, maka barulah kamu bisa kembali menyusun dan memasang dop karet sesuai dengan urutan yang ada yaitu dop karet putih, dop karet hitam, lalu penutup katup udara.

Jangan lupa untuk mengencangkan baut dan memasangnya secara perlahan agar masalah aerator tidak keluar gelembung ini tidak terjadi berulang kali.

  1. Mengetes Kembali Aerator Tersebut

Jika sudah melakukan seluruh tahapan memperbaiki aerator yang tidak keluar gelembung dengan benar, maka hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengetes kembali apakah aerator tersebut sudah kembali normal atau belum.

Kencangkan semua baut yang ada, lalu pasang kembali selang aerator dan hubungkan pada listrik yang ada. Kemudian perhatikan apakah aerator sudah mengeluarkan gelembung atau tidak. Jika selang berhasil mengeluarkan gelembung, maka proses perbaikan aerator sudah sukses kamu terapkan dan bisa kamu gunakan di kemudian hari.

  1. Melakukan Pergantian Aerator Baru

Ketika sudah melakukan seluruh tahapan memperbaiki aerator tidak keluar gelembung dengan tepat dan benar, tetapi selang aerator masih belum mengeluarkan gelembung. Ini bisa menjadi pertanda kamu sudah harus mengganti aerator aquarium yang baru.

Mungkin saja masa pakai aerator aquarium yang kamu miliki sudah terlalu lama, dan ini saat yang tepat untuk memberikan aerator baru untuk ikan kesayangan kamu. Cari tahu disini cara memilih aerator sesuai kebutuhan aquarium dan ikan yang kalian punya.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai cara ampuh mengatasi kasus aerator tidak keluar gelembung. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memperbaiki aerator yang bermasalah, sehingga tidak perlu terburu-buru untuk menggantinya dengan yang baru.

Dan pastikan selalu menyediakan produk perlengkapan aquarium yang dibutuhkan ikan hias kesayangan agar dapat hidup lebih lama. Kamu bisa mencari tahu perlengkapan aquarium yang wajib kamu miliki agar pendukung hidup kebutuhan ikan hias selalu terpenuhi.

Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : 
Leave a comment