🐟 7 FAKTA IKAN ARAPAIMA, NO 6 KEREN BANGET!

Halo Teman SDI!

Para penghobi ikan predator pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikan arapaima. Meskipun peredaran ikan arapaima dilarang di Indonesia, tetapi kita masih bisa mempelajari apa saja fakta ikan arapaima guna memperluas wawasan kita sebagai penghobi ikan. Karena ikan arapaima menjadi salah satu ikan predator yang sering disoroti oleh pecinta ikan, nah maka kali ini kita akan membahas mengenai fakta ikan arapaima yang wajib kamu ketahui.

fakta ikan arapaima
Images: flickr.com

Ikan arapaima dikenal dengan nama pirarucu atau paiche, adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan arapaima ini berasal dari Sungai Amazon di Amerika Selatan dan memiliki penampilan yang memukau dengan ukuran tubuhnya yang besar dan sisik yang mengkilap.

Ikan arapaima sering dijuluki sebagai fosil hidup. Ini dikarenakan tubuh dari arapaima memiliki kesamaan dengan fosil-fosil yang ditemukan pada periode geologi jura sekitar 145 juta200 juta tahun yang lalu.

Kemudian terdapat beberapa jenis ikan arapaima seperti ikan arapaima gigas, ikan arapaima mapae, ikan arapaima leptosoma, dan ikan arapaima agassizii. Jadi seperti ikan predator lain, ikan arapaima juga mempunyai keanekaragaman jenis yang memukau. Ingin tahu apa saja perbedaan dari setiap ikan arapaima ini? Simak artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai jenis ikan arapaima yang ada.

Itulah sekilas informasi terkait ikan arapaima. Kira-kira apa lagi ya fakta ikan arapaima yang harus kita ketahui? Yuk kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

KLASIFIKASI IKAN ARAPAIMA

Berikut ini klasifikasi ikan arapaima, antara lain :

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Ordo : Characiformes
Family : Osteoglossidae
Genus : Arapaima

MENGENAL IKAN ARAPAIMA

Sebelum mengetahui fakta ikan arapaima, tentunya kita harus mengenal lebih lanjut mengenai ikan arapaima.

Ikan arapaima merupakan salah satu spesies ikan predator yang banyak digemari oleh para penghobi ikan predator. Karena selain mempunyai warna tubuh yang cantik, ikan arapaima juga terlihat sangat kokoh sehingga banyak orang yang menyukai dan tertarik untuk mempelajari ikan predator yang satu ini. Meskipun ikan arapaima sangat populer, nyatanya ada beberapa fakta ikan arapaima yang wajib diketahui oleh pecinta ikan predator loh.

Memiliki nama ilmiah Arapaima gigas, ikan arapaima termasuk ikan predator yang mempunyai sifat ganas dan agresif, sayangnya ikan arapaima seringkali kesulitan jika harus beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Setelah mengenal lebih dekat dengan ikan arapaima, berikut langsung saja kita akan membahas fakta ikan arapaima yang wajib diketahui oleh kamu.

7 FAKTA IKAN ARAPAIMA

Berikut beberapa fakta ikan arapaima yang harus kamu ketahui agar semakin mengenal ikan arapaima :

  1. Ditemukan Pada Tahun 1822

Fakta ikan arapaima yang pertama yaitu ikan predator ini pertama kali ditemukan sekitar 200 tahun yang lalu pada tahun 1822. Ikan arapaima merupakan ikan air tawar endemik Sungai Amazon yang ditemukan dan dideskripsikan oleh seorang dokter dan naturalis bernama Dr. Heinrich Rudolf Schinz yang berasal dari Swiss.

Penemuan ikan arapaima telah dipublikasikan sejak tahun 1820. Dan semenjak ikan arapaima dipublikasikan kepada dunia, secara perlahan banyak orang yang mulai memburu dan tertarik untuk meneliti ikan arapaima ini yang menjadikan ikan predator ini sangat populer. Inilah salah satu fakta ikan arapaima yang harus kamu ketahui.

  1. Morfologi Ikan Arapaima

Fakta ikan arapaima selanjutnya yaitu, sekilas ikan arapaima ini mirip dengan ikan arwana, mereka masih satu keluarga yaitu family osteoglossidae. Ikan ini memiliki tubuh yang ramping sementara warna tubuh didominasi abu-abu hijau, untuk bagian sisi ke arah ekor memiliki bintik-bintik merah.

Warna tubuh ikan arapaima ini akan terlihat lebih menyala ketika cahaya matahari naik. Kecantikan ikan arapaima ini juga yang menjadikan ikan predator ini populer dan punya banyak penggemar.

  1. Bisa Mencapai Panjang 4 Meter

Mungkin sudah banyak orang yang tahu fakta ikan arapaima yang satu ini. Ikan arapaima menjadi salah satu jenis ikan air tawar terbesar di dunia. Bahkan ikan arapaima dapat mencapai panjang tubuh hingga 3 sampai 4 meter. Tentunya dengan berat ratusan kilogram.

Fakta ikan arapaima ini tentu membuat ikan arapaima tersebut berpotensi menjadi kompetitor untuk ikan asli di Indonesia dalam mendapat makanan maupun ruang hidup.

  1. Habitat Ikan Arapaima

Fakta ikan arapaima berikutnya, ikan arapaima berasal dari Perairan di Sungai Amazon yaitu sebuah wilayah tropis Amerika Selatan. Ikan arapaima juga bisa ditemukan di Perairan Kolombia, Brasil, Peru, Ekuador, Bolivia, Guyana, dan Suriname.

Meskipun dikenal mempunyai karakter yang ganas, ikan arapaima mempunyai karakter berenang yang tenang dan cenderung lambat. Ini menjadi fakta ikan arapaima juga, karena ikan yang satu ini cenderung tidak terlalu aktif seperti beberapa ikan air tawar lainnya yang selalu bergerak lincah.

Kemudian ada satu fakta ikan arapaima yang cukup unik dan sedikit bertolak belakang dengan karakternya, ikan arapaima cenderung pemalu dan akan lebih memilih menghindari interaksi dengan manusia ataupun ikan lain yang memasuki wilayah mereka.

Jika merasa terancam, ikan arapaima akan berenang untuk bersembunyi dan bergerak menuju tempat yang lebih aman. Tetapi jika ikan predator ini sudah diserang, maka ikan arapaima juga bisa mengaktifkan karakter ganasnya dan menyerang balik ikan lain yang dianggap membahayakan dirinya.

  1. Termasuk Sebagai Karnivora

Arapaima seringkali disebut sebagai predator yang memangsa ikan lain dengan rakus tentu karena besar tubuhnya. Ini bisa mengakibatkan kepunahan bagi ikan lokal dan kerusakan ekosistem. Fakta ikan arapaima ini menjadi salah satu alasan lain mengapa keberadaan ikan ini dilarang peredarannya.

Predator yang satu ini biasanya memakan jenis ikan lain yang lebih kecil dan muat di mulutnya, krustasea, katak, burung yang bisa dijumpai di sekitar permukaan perairan. Fakta ikan arapaima ini semakin menegaskan bahwa ikan arapaima memang bukan ikan yang bisa dipelihara secara sembarangan apalagi jika dirawat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja kasus Sungai Brantas kembali terulang dan tentunya itu akan sangat merugikan para nelayan sekitar.

  1. Rompi Anti Piranha

Fakta ikan arapaima selanjutnya yaitu, di Sungai Amazon ikan arapaima hidup berdampingan bersama spesies ikan predator lainnya seperti ikan piranha. Faktanya lagi, ikan arapaima merupakan predator yang menduduki puncak tertinggi dari ekosistem yang ada di sana. Ikan ini berperan sebagai penyeimbang rantai makanan yang kompleks itu.

Bersama dengan piranha, ikan arapaima hidup berdampingan dengan ikan yang dikenal kejam ini. Tetapi, hal itu tidak menumpulkan nyali arapaima. Dengan berkah alami berupa lapisan luar yang keras dan kokoh, dilengkapi serabut kolagen kuat yang mampu menahan gigi tajam piranha. Fakta ikan arapaima kali ini merupakan pertahanan kuat dari ikan arapaima dan menjadi cara bagaimana arapaima melindungi dirinya sendiri dari ikan piranha maupun ikan predator lainnya.

  1. Ikan Arapaima Terancam Punah

Fakta ikan arapaima selanjutnya yaitu berkaitan mengenai status kelegalan ikan arapaima. Karena semakin banyak orang yang memburu ikan arapaima, hal ini membuat populasi arapaima dari tahun ke tahunnya semakin sedikit. Bahkan ikan arapaima termasuk ke salah satu hewan yang diberi sebagai status ikan langka terancam punah dan wajib dilindungi.

Di Indonesia sendiri, ikan arapaima juga dilarang untuk dipelihara, dibudidayakan, dan diperjualbelikan. Ketersediaan ikan arapaima semakin sedikit akibat adanya penangkapan liar yang dilakukan untuk kepentingan pribadi seperti ekspor dan konsumsi, sehingga ikan arapaima menjadi salah satu hewan langka yang dilindungi keberadaannya oleh pemerintah.

Fakta ikan arapaima yang terakhir ini memang cukup menyayat hati, dan setelah mendengar fakta ini tentu kita harus semakin menyayangi dan melindungi ikan arapaima dari kepunahan.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai 7 fakta ikan arapaima yang harus kamu ketahui. Kalian juga dapat kunjungi website kita di suryadutainternasional.com dan follow akun TikTok @suryadutainternasional agar tidak ketinggalan tips dan trik seputar aquarium.

Nantikan dan tunggu artikel kita selanjutnya ya!!!

SDI? “Hidup Lebih Baik di Bawah Air”

- Website SDI : suryadutainternasional.com  
- Instagram : suryadutainternasional 
- Facebook: suryadutainternasional.official 
- Youtube : Surya Duta internasional  
- Shopee : sdi.official  
- Tokopedia : Surya Duta Internasional Official 
- Gambar Sampul : flickr.com

 

Leave a comment